Selama Ramadhan, Al-Khairiyah akan Gelar Pengajian Online Bersama Para Ulama Cilegon

CILEGON – Untuk mengisi kegiatan dakwah di bulan suci Ramadhan yang akan datang sekitar satu pekan lagi, PB Al-Khairiyah akan mengisi pengajian secara online melalui channel youtube dan media online.

Meski tidak seperti rutinitas di bulan suci pada tahun-tahun sebelumnya, yang dilakukan dengan pengajian pasaran, ngaji sorogan serta segala dakwah dengan berkumpul dan berkerumun. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang tengah melanda dunia saat ini. Terlebih adanya instruksi pemerintah dan Maklumat Kapolri agar stay at home, social dan psycal distanching. Di mana untuk kegiatan pendidikan dilakukan secara online.

“Sebelum ada himbauan pemerintah (pendidikan di Al-Khairiyah) kita sudah liburkan semua. Dan dengan adanya Corona ini, di bulan Ramadhan untuk mengisi kegiatan dakwah Agama tetap kita akan lakukan secara online. Akan kita siapkan Ustadz-ustadz muda dan sepuh untuk mengisi ceramah yang akan ditayangkan Youtube dan media online,” kata Ketua Umum PB Al-Khairiyah Ali Mujahidin, kepada Fakta Banten, Kamis (16/4/2020).

Lebih lanjut, pria yang lebih akrab disapa Haji Mumu ini menjelaskan tema-tema dakwah yang akan disampaikan dalam pengajian secara online tersebut. Mulai dari Ilmu dasar Agama Islam soal Thaharoh hingga kisah-kisah para Nabi.

Kartini dprd serang

“Kitab soal Thaharoh perlu diangkat, terlebih dalam situasi adanya wabah corona ini bahwa Islam sejak lama mengajarkan soal Thaharoh ini, dan yang terpapar atau meninggal karena corona mungkin kebanyakan non muslim. Terus panduan shalat-shalat sunnah yang diutamakan, terlebih saat sedang di rumah saja, ini bagus juga untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan kita kepada Allah Swt,” terang Haji Mumu.

“Kisah para Nabi juga perlu kita munculkan untuk menginspirasi prilaku keshalehan dan panduan keteladanan untuk kita,” imbuhnya.

Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat umum khsususnya para santri, pelajar dan mahasiswa Al-Khairiyah bisa menyema’ atau menyimak saat tayangan pengajian secara online berlangsung.

Selain ustadz-ustadz di internal Al-Khairiyah Citangkil, dalam program “Syarah” ini juga akan melibatkan serta ulama-ulama ternama di Kota Cilegon, diantaranya KH Lukman Harun, Ustadz Sunardi Jamud, dan lainnya. Program ini akan memenuhi beranda media sosial serta youtube Al-Khairiyah, dan bisa diakses setiap hari selama Ramadhan mendatang. (*/Ilung)

Polda