Pengendara Keluhkan JLS Cilegon yang Gelap, Banyak Lubang dan Genangan Air

CILEGON – Gelapnya ruas Jalan Aat Rusli atau Jalan Lingkar Selatan (JLS) Cilegon pada titik area perbatasan Kecamatan Citangkil-Ciwandan dikeluhkan oleh warga dan pengguna jalan. Hal itu dikarenakan selalu padamnya lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) pada kawasan tersebut.

Material PJU yang sudah dua kali ganti pemasangan sejak dibangunnya JLS, dengan nilai proyek PJU miliaran rupiah tersebut, ternyata belum bisa dirasakan manfaatnya secara maksimal oleh masyarakat.

“Jelas bahaya kalau gelap begini mah apalagi kalau habis hujan, lubang juga ketutup air. Sejak kapannya kurang tahu tapi jelas kalau gelap begitu kesannya gimana gitu, apalagi PJU dibuat baru beberapa tahun, kenapa sudah padam?” kata warga sekitar, Santawi, kepada Fakta Banten, Rabu (29/4/2020) malam.

Keluhan juga diutarakan oleh Yadi yang mengaku tidak nyaman saat melintasi di jalan tersebut yang sangat berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu-lintas.

Salah satu titik lokasi badan jalan di JLS Cilegon yang tergenang air, Rabu (29/4/2020) malam / Dok

“Ya jelas terganggu, risih aja kalau gelap bawa motor lagi, lampu motor juga kalau jalan basah gak maksimal. Mana di JLS ini banyak genangan air lagi gimana sih bikin jalan dan drainasenya?” ujarnya.

Yadi yang merupakan aktivis di beberapa lembaga kontrol sosial di Kota Cilegon ini, juga mempertanyakan bentuk dan anggaran perawatan PJU dari dinas terkait.

“Saya kira dinas terkait dalam hal ini Dishub Kota Cilegon telah lalai dan merugikan masyarakat khususnya pengguna jalan, karena telah membiarkan JLS di titik tersebut gelap karena padamnya lampu PJU. Ini padam rusak apa ngirit anggaran? Kalau rusak, selama ini mana perawatan yang dilakukan, berapa biaya atau anggaran perawaran PJU ?” tanyanya.

“Saya harap mereka (Dishub Cilegon) peka dan langsung memperbaiki PJU agar menyala dan membuat pengendara nyaman dan aman,” imbuhnya berharap.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Cilegon, Uteng Dedi Apendi, saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp terkait padamnya lampu PJU di JLS dan perawatannya, hingga malam ini belum merespon pertanyaan wartawan. (*/Ilung)

Honda