Ied_Helldy_PP_Mulia

Menkeu Batal Terbitkan Surat Utang Pandemic Bonds

0
Corona serang

JAKARTA – Rencana penerbitan surat utang berbentuk Surat Berharga Negara (SBN) khusus untuk penanganan pandemik virus corona atau Pandemic Bond batal dikeluarkan pemerintah.

Pemerintah nantinya akan menerbitkan SBN secara keseluruhan baik melalui lelang, obligasi ritel, maupun private placement untuk pasar dalam negeri dan luar negari.

“Pembiayaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional akan dilaksanakan dalam suatu skema khusus yang terpisah, saat ini dalam koordinasi intensif dengan BI,” demikian dokumen paparan Menkeu saat rapat kerja virtual dengan Komisi XI DPR RI, Rabu (6/5/2020).

Ied_Bmpp_Kuswandi
Ied_Ali rido_Tabib

Dijelaskan, penurunan giro wajib minimum (GWM) dan kenaikan rasio Penyangga Likuiditas Makroprudensial (PLM) oleh BI akan menambah likuiditas di pasar keuangan untuk ditempatkan perbankan pada investasi di pasar perdana SBN.

Namun tak ada penjelasan yang disampaikan Sri Mulyani mengenai pembatalan Pandemic Bonds tersebut di tahun ini.

BI sebelumnya sudah menurunkan GWM Rupiah masing-masing sebesar 200 bps (basis poin) untuk Bank Umum Konvensional dan 50 bps untuk Bank Umum Syariah/Unit Usaha Syariah, mulai berlaku 1 Mei 2020. BI juga menaikkan rasio PLM sebesar 200 bps untuk Bank Umum Konvensional dan sebesar 50 bps untuk Bank Umum Syariah/Unit Usaha Syariah.

Pemerintah sebelumnya berencana menerbitkan surat utang Pandemic Bonds yang akan dipakai tahun ini untuk menahan tekanan akibat pandemik virus corona yang berimbas ke perekonomian nasional. (*/rmol)

Ied_Gerindra serang pandeglang
Mitsubishi
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi