mulia hut ri

Pertemuan 3 Parpol, Koalisi Masrori-Eki Makin Terang Hadapi Pilkada Kabupaten Serang

0

SERANG – Tiga pimpinan Partai Politik tingkat Provinsi Banten dan Kabupaten Serang, Jumat (22/5/2020), menggelar pertemuan khusus membahas koalisi untuk menghadapi Pilkada Kabupaten Serang 2020 mendatang.

Pertemuan yang digelar sembari buka puasa bersama di salah satu rumah makan di Kota Serang itu, nampak hadir diantaranya Sekretaris DPD Partai Demokrat Banten Eko Susilo, Ketua DPC Demokrat Kabupaten Serang Wahyu Megahita, Ketua DPW PAN Banten Masrori, Ketua DPD PAN Kabupaten Serang Jaenudin, Ketua DPC PPP Kabupaten Serang Heri Azhari, dan juga Ketua Tim Pemenangan Eki Baihaki Khoirul Umam.

M. Adam

Dalam pertemuan itu terungkap rencana ketiga Parpol tersebut untuk memantapkan koalisi dalam mengusung bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Serang pada Pilkada mendatang. Dimana sudah mengerucut pada 2 nama bakal calon yang akan diusung berpasangan yakni Masrori dan Eki Baihaki.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Banten, Eko Susilo mengatakan, partainya sangat serius untuk mengusung kader internal dan mendorong terciptanya perubahan di Kabupaten Serang.

Nama Eki Baihaki, yang merupakan putera mantan Bupati Serang Akhmad Taufik Nuriman, disebut Eko, sebagai kandidat terkuat yang akan diusung Demokrat.

Eko juga mengaku senang jika ada partai lain seperti PAN dan PPP yang siap bergabung dalam koalisi untuk menciptakan perubahan.

“Ketum kita (AHY-red) pada Pilkada ini, mengambil kebijakan mengutamakan kader internal yang punya potensi dan ada peluang menang. Ketum AHY juga selalu mempertimbangkan hasil survei, dan kebetulan kader kita Eki Baihaki dalam survei masuk di nomor urut kedua berpeluang menang. Jadi Eki sangat masuk prioritas,” ujar Eko kepada wartawan.

Soal kepastian Partai Demokrat mengusung Eki Baihaki sebagai bakal calon, Eko menegaskan bahwa prosesnya sudah mencapai 99 persen.

“Surat Tugas sudah akan turun setelah lebaran ini kepada Eki. Jadi Eki mendapat tugas untuk membentuk koalisi partai termasuk pasangan calonnya. Tugas diberi waktu sampai satu bulan, jika terbentuk maka akan dilanjutkan dengan terbitnya Rekomendasi DPP Partai Demokrat,” jelas Eko.

Demokrat mengaku lebih tertarik dalam wacana perubahan karena dianggap lebih menguntungkan partai kedepannya.

“Salah satu pertimbangan kami mengusung kader sendiri agar terjadi perubahan lebih baik kedepan. Terbukti selama ini Partai Demokrat mendukung incumbent yang menang, ternyata itu tidak pernah linier dengan hasil Pileg. Di Pileg kita tidak didukung oleh kepala daerah, malah saling jegal,” ungkap Eko.

Sementara Jaenudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Serang menegaskan bahwa Masrori menjadi satu-satunya bakal calon yang mendapat rekomendasi DPP PAN.

“Semuanya diserahkan kepada Pak Masrori, untuk membentuk koalisi parpol dan pasangan calon. Kita sebagai pengurus mengamankan rekomendasi DPP, dan memandatkan penuh kepada Pak Masrori,” ujar Jaenudin.

Jaenudin menilai bahwa langkah-langkah politik yang dilakukan Masrori sudah sangat positif dalam perkembangannya. PAN sendiri optimis bahwa Masrori akan menjadi bakal calon bupati diusung oleh koalisi Parpol PAN, Demokrat dan PPP.

“Sampai saat ini rekomendasi DPP PAN itu bakal calon bupati bukan wakil, tapi kalau ada hal-hal konstelasi politik berubah, akan dikonsultasikan ke DPP. Yang pasti kita keluarga besar PAN mensupport penuh dan memberikan dukungan kepada Pak Masrori sebagai calon Bupati,” tegas Jaenudin.

Meski belum menyatakan bulat partainya siap bergabung dalam koalisi bersama PAN dan Demokrat, namun Ketua PPP Kabupaten Serang Heri Azhari yang juga hadir dalam pertemuan tersebut, mengaku bahwa DPP dan DPW PPP memintanya untuk melakukan komunikasi politik lebih terbuka kepada semua bakal calon, untuk kemungkinan bisa bergabung dalam koalisi mengusung perubahan di Kabupaten Serang.

Heri sendiri mengaku bahwa DPC PPP Kabupaten Serang telah menerbitkan rekomendasi untuk mengusung bakal calon petahana. Namun hal itu mendapatkan evaluasi dari struktur DPP dan DPW PPP Banten.

“Kalau PPP jawabnya Insya Allah. Kita sedang dan terus lakukan komunikasi politik. Keputusannya kan tergantung DPW Banten dan DPP, kalau saya di DPC ikut perintah saja,” ujar Heri singkat, saat ditanya wartawan soal rencana bergabungnya PPP dalam koalisi PAN-Demokrat.

Sementara Ketua Tim Pemenangan Eki Bihaki, Khoirul Umam mengatakan, pertemuan kali ini dilakukan untuk lebih memantapkan dalam membangun kesepahaman Demokrat dan PAN, dimana seperti yang disampaikan Sekretaris DPD Demokrat Banten, bahwa DPP Demokrat sudah 99% akan menugaskan Eki untuk mencari pasangan.

Umam optimis bahwa koalisi PAN dan Demokrat akan solid untuk bersama mengusung pasangan calon Eki dan Masrori.

“Dua-dua bakal calon ini (Eki – Masrori) sudah mantap dukungan partainya, tinggal jalan saja dengan tambahan amunisi dari parpol lain seperti PPP dan lainnya. Kita yakin ini jadi,” ujar Umam optimis. (*/Red/Angga)

Royale Krakatau
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi