Bhayangkara Mulia

3 Olahan Sarden untuk Kamu yang Bosan Makan Daging Pasca Lebaran

0

faktabanten.co.id – Lebaran menjadi momen tepat untuk menghabiskan waktu bareng keluarga. Kebersamaan ini juga tak akan lengkap tanpa kehadiran makanan-makanan enak yang bisa membuat waktu kita bersama keluarga menjadi semakin bermakna. Sebut saja opor, rendang, semur, dan lainnya.

Namun, kebanyakan makan daging sapi bikin kita cepat bosan. Nah, karena Lebarannya sudah lewat, enggak ada salahnya coba protein lainnya yaitu ikan sarden.
Ikan mungil ini memiliki cita rasa gurih dan terkenal praktis dalam penyajiannya. Enggak heran, sarden sering hadir sebagai menu favorit saat Ramadhan.

Bhayangkara rosyid

Apalagi ketika sahur dan makan malam, ikan ini menjadi sajian sederhana yang nikmat meski hanya dimakan bersama nasi putih hangat. Tak hanya itu, ternyata sarden termasuk dalam daftar ikan paling sehat, lho. Ini karena sarden kaya akan vitamin yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh hingga kesehatan otak.

Apa saja kreasi sarden yang bisa disajikan pasca Lebaran? Berikut ulasan selengkapnya, kamu juga bisa mencoba menyajikannya sembari mengisi waktu saat #dirumahaja.

1. Tahu melotot sarden

Tahu Melotot Sarden /Dok

Cari makanan ringan? Salah satu gorengan yang bisa dikreasikan dengan sarden adalah tahu melotot. Ya, sekilas tahu goreng ini tampak biasa saja, tapi ketika digigit akan ada isian ikan sarden yang menambah rasa gurih.

Untuk membuatnya juga tak sulit, kamu hanya perlu menyiapkan bumbu halus; terdiri dari bawang merah, putih, jahe, dan cabai. Lalu, siapkan sekaleng sarden varian saus extra pedas, sayuran sesuai selera, dan tepung untuk balutannya. Selanjutnya, tumis bumbu halus dan isian sayuran, beserta sarden hingga matang. Isi ke dalam potongan tahu, balut dengan adonan tepung, dan goreng hingga warnanya cokelat keemasan.

Mudah bukan membuatnya? Paling enak tahu melotot sarden ini disajikan saat masih hangat sehingga kriuk ketika dimakan.

2. Martabak sarden

Kpu
Martabak Sarden /Dok

Enggak kalah kriuk dan nikmat dari tahu melotot, kamu juga bisa menyajikan martabak isi sarden. Ya, jika biasanya martabak hanya terdiri dari telur, daging, ayam, atau tahu, dan daun bawang, maka kamu juga bisa mengkreasikannya dengan isian ikan sarden.

Cara membuatnya tak jauh berbeda dengan martabak pada umumnya, hanya saja kamu perlu mencampurkan satu kaleng sarden ABC saus cabai untuk penggunaan lima butir telur. Setelah isian martabak siap, balut dengan kulitnya, dan goreng hingga warnanya keemasan.

Tak hanya nikmat, sarden juga bisa membuat martabak buatanmu lebih bergizi karena kaya akan protein, kalsium, vitamin B12, omega-3, dan omega-6. Dengan begitu kamu bisa selalu #masaksehat selama #dirumahaja.

3. Seblak sarden

Seblak Sarden /Dok

Rekomendasi olahan sarden yang tak kalah unik dan nikmat lainnya adalah seblak sarden. Yup, siapa bilang seblak hanya bisa diisi dengan kerupuk, telur, bakso, dan sayuran? Kamu juga bisa menambahkan potongan ikan sarden ke dalamnya agar semakin meriah.

Supaya pedasnya seblak buatanmu makin mantap, coba tambahkan varian sarden ABC saus extra pedas yang memakai campuran cabai merah serta rawit segar. Bukan hanya itu, ikan dalam sarden kalengan ini juga mengandung vitamin B12 yang berperan dalam meningkatkan kesehatanmu selama berkegiatan #dirumahaja.

Tertarik membuatnya? Jika iya, maka pertama-tama bikin orak-arik telur, lalu masukkan bumbu halus (bawang merah, putih, dan ketumbar) tumis hingga harum. Selanjutnya, tambahkan sarden, potongan cabai merah, kecap manis, dan air, masak hingga bumbu meresap. Jangan lupa masukkan kerupuk mentah, garam, dan merica. Masak hingga kerupuk lembut dan semua bumbu meresap. Jadi, deh seblak sarden sedap dan bergizi.

Itulah tadi rekomendasi olahan sarden untuk kamu yang bosan makan daging pasca Lebaran. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengkreasikan sarden menjadi hidangan lainnya yang enggak kalah nikmat, lho. Apalagi kalau kamu menggunakan sarden yang kaya lemak sehat omega-3, omega-6, protein, dan kalsium, kamu tetap bisa #masaksehat selama #dirumahaja.

Jadi, kreasi sarden mana yang sudah pernah kamu coba buat di rumah? (*/Kumparan)

Dede_KNPI
Bhayangkara bank banten
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi