Bhayangkara Mulia

Ciri-Ciri Puasa Ramadhan Diterima

0

JAKARTA – Hari Raya Idul Fitri merupakan hari berbahagia dan bersenang-bersenang bagi seluruh umat Islam di dunia. Namun cara kita umat Islam dalam merayakan hari raya jangan seperti orang-orang kafir merayakan hari rayanya.

Umat Islam dalam merayakan hari raya haruslah sesuai dengan tuntunan Nabi kita Muhammad saw dan para salaf. Sehingga kita dapat mencapai makna Idul Fitri yang sesungguhnya yakni diterimanya amal ibadah puasa kita.

Bhayangkara rosyid

Ketua umum Pengurus Besar Pemuda Al Irsyad Ustaz Fahmi Bahreisy Lc, Msi mengatakan, separti yang disampaikan ulama generasi salaf Wahab bin Wardi pernah melihat sekelompok orang yang tertawa-tawa di hari Idul Fitri, lalu ia mengatakan. “Seandainya amalan puasa mereka diterima, maka bukanlah demikian prilaku orang-orang yang bersyukur. Jika amalan mereka belum diterima, maka hal itu bukanlah sikap orang-orang yang takut atau khawatir”

Fahmi menyampaikan perkataan ulama lainnya, seperti dari Hasan al-Bashri, ia mengatakan, sesungguhnya Allah menjadikan bulan Ramadhan sebagai arena pacu bagi para hamba-Nya untuk melakukan ketaatan demi meraih rihda-Nya.

Menurut Hasan al-Bashri ada kelompok yang mereka (cepat dalam pacuan) sehingga mendahului, dan mereka memenangkannya. Ada juga yang tertinggal, dan mereka merana. Beruntunglah mereka yang bergembira di hari suksesnya orang-orang yang telah berbuat baik. Dan merugilah orang-orang yang berbuat kejelekan.

Kpu

“Dan kemudian beliau menangis,” katanya.

Maka dari itu kata Ustaz Fahmi, sebagai seorang Muslim, jangan sampai hari raya dijadikan ajang untuk bermaksiat, melakukan kemunkaran atau hal-hal yang membuatnya lupa dari Allah

Namun, sebaliknya isilah hari raya dengan amalan-amalan yang mengantarakan kita kepada sikap rasa syukur kepada Allah SWT. Oleh karena itu, Rasulullah saw memberi panduan kepada kita berupa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan saat hari raya.

“Seperti bertakbir, sholat id, memakai pakaian yang terbaik, saling memberikan ucapan selamat dan saling bersilaturrahim,” katanya.

Menurut dia, jika kita melakukan apapun termasuk merayakan hari raya Idul Fitri sesua tuntunan Rasulullah SAW maka kita akan dimasukkan sebagai pemenang di hari raya ini.

Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal ya kariim. Minal aidin wal faizin,” katanya. (*/Republika)

Dede_KNPI
Bhayangkara bank banten
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi