Dinsos Cilegon: Warga yang Demo di Samangraya Sudah Terdata Bantuan Covid-19

CILEGON – Puluhan ibu – ibu warga lingkungan Kalentemu Timur RW 05 yang pada Selasa (2/5/2020) pagi kemarin, melakukan aksi demo di kantor Kelurahan Samangraya, Kecamatan Citangkil, ternyata sudah masuk terdata untuk menerima bantuan covid-19 pada tahap kedua.

Baca juga : Bansos Covid-19 Tak Tepat Sasaran, Ibu-ibu Geruduk Kantor Kelurahan di Cilegon

“Ya, mereka (Ibu-ibu yang melakukan demo di Kelurahan Samangraya -Red) sebenarnya sudah terdata di dalam data kami, cuma memang bantuanya bukan dari Kemensos (BST) melainkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari APBD Provinsi Banten dimana Bantuan Sosial Keuangan itu tidak sama dengan bantuan dari Kemensos yang sudah terealisasi penyalurannya melalui HIMBARA dan PT POS. Sedangkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Provinsi Banten itu sebesar Rp 500 ribu perbulan berdasarkkan kemampuan daerah,” ujar Kepala UPT Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial pada Dinsos Cilegon, Yusup Han, saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Rabu (3/6/2020).

Baca juga : Tanggapi Demo, Staff Kelurahan Akui Sudah Ajukan Data Warga ke Dinsos Cilegon untuk Bantuan Covid-19

Yusup Han menjelaskan, sebenarnya data yang dikirim ke Dinsos dari hasil pengumpulan KK di tingkat Kelurahan itu sudah sesuai aturan, namun karena banyaknya warga yang terdampak akibat covid-19 sehingga kami perlu melakukan verifikasi data berdasarkan kriteria penerima bansos.

Selanjutnya dijelaskan, data yang diterima Dinsos dari Kelurahan, kembali disandingkan dengan data sektoral di masing – masing OPD yang melakukan Bansos lainnya, hal ini dilakukan agar tidak terjadi dobel penerima bantuan.

“Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Sosial berusaha untuk dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Cilegon agar mendapatkan bantuan, cuma waktunya saja yang berbeda – beda, jadi warga di mohon bersabar, kami hanya minta support agar kami bisa bekerja dengan baik bagi masyarakat Kota Cilegon,” katanya.

Yusup Han melanjutkan, bagi warga yang belum terakomodir pada Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Provinsi Banten tidak perlu risau sebab Pemerintah Kota Cilegon hadir melalui Dinas Sosial akan melakukan pengolahan data kembali agar yang belum terakomodir di tahap ini bisa mendapatkan bantuan pada tahap berikutnya.

“Bagi warga yang belum mendapatkan Bansos saat ini untuk bersabar karana masih ada Bansos lainnya yang sedang diproses. Jadi warga tidak perlu risau apalagi melakukan demo seperti yang terjadi di Kelurahan Samangraya,” katanya.

Diberitakan sebelumnya puluhan ibu – ibu warga Link Kalentemu Timur RW 05, Kelurahan Samangraya, Kecamatan Citangkil, mengelar aksi demo ke kantor kelurahan setempat untuk menanyakan Bantuan untuk masyarakat terdampak Covid-19 yang diduga tidak tepat sasaran. Selasa (2/6/2020) pagi.

Dalam aksinya, ibu-ibu menuntut penjelasan dari pihak Kelurahan Samangraya soal dana BST dari Kementerian Sosial sebesar Rp600 ribu yang dibagikan pada beberapa pekan yang lalu, di Kelurahan Samangraya khususnya wilayah RW 05, dimana banyak warga tak mampu yang tidak mendapatkan bantuan tersebut. (*/RedRT)

Honda