Jubir Gugus Tugas Covid-19 Cilegon Jelaskan Persiapan New Normal

Sankyu

CILEGON – Berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang belum berakhir, Kota Cilegon siapkan pemberlakuan tatanan hidup baru (new normal) sesuai yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat. Sementara itu, persiapan pemberlakuan new normal di kota Cilegon sudah dicanangkan oleh Walikota Edi Ariadi, saat apel bersama forkompida, Senin (1/6/2020) yang lalu.

“Untuk persiapan pemberlakuan new normal, sudah dicanangkan oleh pak Walikota sekaligus Ketua Tim Gugus Tugas. Dan akan diterapkan dibeberapa tempat seperti, di mall, pasar, tempat hiburan, rs, terminal, dan tempat umum lainnya,” tutur Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Cilegon, Aziz Setia Ade.

Aziz Setia juga menjelaskan, akan ada pengawasan dari tim gugus tugas yang akan dibantu oleh personel dari Kodim, Polres, dan aparat Pemkot yakni Satpol PP. Tak hanya pengawasan, namun akan ada edukasi kepada masyarakat.

“Tempat tadi akan kita instruksikan memberikan himbauan protokol kesehatan misalnya dalam bentuk spanduk. Lalu harus ada alat pengukur suhu tubuh,” jelasnya saat ditemui di kantornya, Rabu (3/6/2020).

Sekda ramadhan

Lebih lanjut, pengelola tempat-tempat umum yang berpotensi ramai dikunjungi masyarakat, akan diberikan pengarahan untuk menerapkan protol kesehatan, serta pembatasan jumlah pengunjung.

“Misalkan cafe yang tadinya kapasitas 10 jadi setengahnya,” terang aziz, yang juga menjabat sebagai Kepala Diskominfo Kota Cilegon.

Sementara untuk keterbukaan informasi, Aziz memaparkan hal tersebut dapat diakses di web gugus tugas, dan Dinkes Kota Cilegon, dimana disana termuat data pasien positif, ODL, PDP, hingga tingkat Kelurahan. Namun yang utama adalah perilaku masyarakat.

“Yang harus diutamakan adalah bagaimana masyarakat dalam menjalani protokol kesehatan, yang sudah ditetapkan. Karena timbulnya ODP, PDP, hingga pasien positif dari situ.” Paparnya.

Sebagai Kota Industri, Aziz menjelaskan sektor industri sudah lebih siap, dan ketat dalam menjalani protokol kesehatan. Ia juga berpesan agar masyarakat tetap di rumah, hindari kerumunan, bila terpaksa keluar rumah terapkan protokol kesehatan. (*/A.Laksono)

Honda