Sambut New Normal, Pemuda Pancasila Cilegon Gencar Penyemprotan Desinfektan dan Sosialisasi Hidup Sehat

CILEGON – Dalam menghadapi kenormalan baru (new normal) di Kota Cilegon pasca Pandemi Covid-19, Majelis Permusyawaratan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kota Cilegon menggelar sejumlah program untuk membantu masyarakat.

Kegiatan di Kota Cilegon ini merupakan kepanjangan tangan dari program nasional yang digagas MPN PP bekerjasama dengan Indika Foundation. Diantaranya berupa penyemprotan desinfektan, sosialisasi hidup sehat dan protokol kesehatan ke lingkungan masyarakat.

“Kegiatan ini adalah agenda nasional, bagaimana Pemuda Pancasila berkontribusi untuk penanganan dan upaya pencegahan Covid-19. Kegiatan kita di Gugus Tugas Cabang telah dimulai dari Selasa 9 Juni lalu,” tutur Ketua Tim Gugus Tugas MPC PP Cilegon, Afif Leo, kepada wartawan, Kamis (11/6/2020).

Dikatakan, Pemuda Pancasila Kota Cilegon mulai penyemprotan desinfektan sambil pembagian sembako di beberapa wilayah Kecamatan Cilegon, yang turut dihadiri Ketua dan Sekretaris MPC PP Cilegon.

“Penyemprotan desinfektan sudah kami lakukan dari sekitar Ramayana, hingga pasar Kranggot. Dan hari ini, kami memberikan bantuan APD medis dari hazmet, sepatu boot, face shield, masker, dan vitamin untuk imun tubuh,” jelas Afif Leo menambahkan.

Sementara pada hari ini, Gugus Tugas Covid-19 MPC PP Cilegon kembali melakukan penyemprotan desinfektan di wilayah Ciwandan, hingga ke Pasar Cigading.

Esok hari, Leo menambahkan, pihaknya akan kembali melakukan penyemprotan di wilayah Kecamatan Purwakarta, sekaligus juga akan menyerahkan bantuan APD medis ke Puskesmas Jombang.

“CSR berupa bantuan APD medis jarang tersalurkan di sana, makanya kami akan langsung ke Puskesmas tersebut,” jelas Leo yang ditemui di lokasi penyemprotan desinfektan di Kecamatan Ciwandan.

Sementara itu, Ketua Pemuda Pancasila Kota Cilegon Helldy Agustian, mengungkapkan rasa syukur karena segenap unsur Pemuda Pancasila di Kota Cilegon nampak antusias dan siap menghadapi kondisi New Normal ini.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 MPC PP Kota Cilegon telah bekerja dengan kompak dan penuh keikhlasan.

“Kali ini instruksi MPN, maka itu harus kami jalankan. Sebelumnya kami juga sudah sempat menjalankan program semacam ini pada bulan-bulan lalu. Saya merasa bangga dan berterimakasih dengan kekompakan tim ini, yang dikoordinir oleh Gugus Tugas dan Sekretaris MPC,” ujar Helldy.

Ia juga berpesan pada masyarakat agar tetap waspada dengan covid-19, dan mengimbau agar membiasakan hidup bersih dan terapkan pola sehat, serta selalu gunakan masker.

“Ini virus bentuknya tidak terlihat, yang tahu sehat dan tidaknya diri kita ini, adalah kita sendiri,” jelasnya.

Selain itu, Cilegon sebagai kota transit menuju ke Sumatera, sangat penting bagaimana didahulukan dalam membangun nilai dan kesadaran masyarakat, terutama dengan himbauan dan contoh-contoh positif dari pemerintah dan jajarannya.

“Polisi – TNI sudah luar biasa dalam memberikan himbauan, namun Pemda harus lebih intens. Dan pemerintah harus turut andil maksimal, terlebih Kota Cilegon ini daerah transit yang bisa saja dilalui oleh warga-warga dari daerah lain yang sudah terjangkit Covid-19,” tuturnya.

Sementara Sekretaris MPC PP Eka Wandoro Dahlan, mengaku siap bertanggung jawab sebagai MPC untuk memastikan program yang diinstruksikan MPN berjalan baik.

“Semua bantuan ini harus dirasakan manfaatnya, khususnya oleh masyarakat Kota Cilegon,” tutup Eka. (*/A.Laksono)

Polda