Cegah Kluster Nakes Covid-19 di Cilegon, CAP Salurkan Vaksin Flu

CILEGON – Jaga daya tahan tubuh (imun) tenaga kesehatan (nakes), PT. Chandra Asri Petrochemical (CAP) beri bantuan vaksin flu kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon melalui tim Gugus Tugas Covid-19. Selain itu, Pada 13 Juni 2020 lalu puluhan nakes terkonfirmasi positif Covid-19 di RSUD Kota Cilegon, namun saat ini seluruh nakes tersebut telah dinyatakan sembuh.

General Manager CSR PT. CAP Abraham menjelaskan, bantuan tersebut merupakan Kepedulian CAP terhadap Kota Cilegon, sebab hal tersebut menyangkut bagaimana keberlangsungan suatu Kota dalam mengatasi Covid-19. Namun, bantuan yang CAP berikan tidak tersambung secara implisit dengan Covid-19, karena berupa vaksin flu import.

“Tapi lebih kepada nakes, yang setiap hari mengatasi masalah Covid-19. Bantuan ini berupa vaksi flu untuk menguatkan imun nakes,” Jelas Abraham, Kamis, (2/07/2020).

Lebih lanjut, Abraham menjelaskan vaksin flu yang CAP berikan sebanyak 500 suntik, sebelumnya seluruh karyawan di CAP telah menggunakan vaksin flu tersebut.

“Kami terus melakukan pemberian bantuan ke 6 RS yang ada di Banten, sampai ke Tanggerang. Itu terus berlanjut tiap minggu, yang kami berikan berupa, Rapid Test, APD, sarung tangan medis, dan masker. Hari ini vaksin flu,” Jelasnya di sekretariat Gugus Tugas Covid-19 Cilegon.

Ditempat yang sama, Sekertaris Gugus Tugas Covid-19 Kota Cilegon Erwin Harahap menuturkan, bantuan dari CAP masuk ke dalam kategori obat, sehingga akan disalurkan ke Dinkes Cilegon. Lalu, akan diserahkan ke Puskemas yang ada di Kota Cilegon.

“Jangan sampai, tenaga medis tumbang. Kalo mereka sakit siapa lagi yang akan merawat kita,” tutur Erwin.

Erwin berharap, kedepannya agar masyarakat Cilegon makin hari makin sehat, perekonomian lebih baik, dan masyarakat lebih sigap.

“Target kami akan kami berikan ke petugas di lapangan,” Jelas Kepala BPBD Cilegon tersebut.

Sementara itu, Erwin menjelaskan hasil terkahir kluster RSUD sudah selesai, sebagai antisipasi pihaknya akan salurkan vaksin tersebut, sebagai upaya mengurangi penyebaran Covid-19. (*/A.Laksono)

Honda