mulia hut ri

Curug Dendeng, Potensi Terpendam di Cimanggu Pandeglang

0
1. Gembong 2. Ade Awaludin 3. M. Nawa Said

PANDEGLANG – Pandeglang merupakan sebuah Kabupaten di Selatan Provinsi Banten, Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Pandeglang. Pandeglang punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian, Pantai, Pulau, sampai Air Terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian explore.

Jika Anda punya rencana untuk berlibur ke Pandeglang, Jangan khawatir akan keindahannya, Kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini jika Pandeglang jarang terdengar tempat yang keren untuk berlibur, namun ternyata Pandeglang ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun Kabupaten besar lainnya.

M. Adam

Seperti potensi wisata air terjun atau curug Dengdeng yang ada di Kampung Citeluk Mulud, Desa Mangkualam, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang. Meski pun ketinggian air terjunnya hanya berkisar 5-6 meteran, namun undakan bebatuan membuat aliran sungai menjadi bercabang sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi objek wisata Curug Dengdeng.

Hanya dengan Rp 15.000 untuk tiket masuk dan parkir kendaraan, pengunjung sudah bisa masuk ke objek wisata Curug Dengdeng yang terhitung baru dibuka untuk kunjungan umum tersebut.

Dari area parkir, pengunjung akan melewati suasana asri nan sejuk kawasan Gunung Honje. Bahkan aliran air yang dari Curug Dengdeng seolah turut menyambut para pengunjung sebelum berjalan kaki menuju ke lokasi.

Curug Dendeng terletak di Kampung Citeluk Mulud, Desa Mangkualam Kec. Cimanggu Kab. Pandeglang /Dok

Bagi yang baru pertama ke lokasi, tidak usah khawatir. Warga setempat yang ada disekitaran lokasi akan memandu perjalanan anda. Dengan memberikan dua opsi perjalanan, yakni melintasi aliran air sungai atau melewati perbukitan mereka akan mengantarkan anda untuk sampai ke lokasi Curug Dengdeng.

1. Demokrat Banten 2. Helldy-Sanuji 3. Ade Hidayat

Jika ingin melewati perbukitan, maka panorama hutan dan pesawahan akan menemani perjalanan anda. Namun jika anda memilih untuk melintasi aliran sungai, hamparan bebatuan di aliran sungai yang terbentuk dari lava dengan struktur kekar kolumnar joint akan menemani perjalanan.

Ditengah perjalanan, sesekali suara serangga akan terdengar mendayu-dayu. Sementara, pemandangan bukit dan sawah-sawah milik warga yang berjejer rapih seolah menjadi penawar lelah saat menempuh perjalanan.

Salah seorang wisatawan asal Kota Serang, Ica mengaku jika tiket masuk masih terhitung murah. Sedangkan, jauh jaraknya dari Kota Serang menuju ke Curug Dengdeng seakan terbayar dengan suguhan keindahan alam yang disajikan di Curug Dengdeng.

“Tiket sih cukup murah. Cuma perjalanan aja dari Serang kesini (Curug Dengdeng) lumayan jauh. Tapi semuanya terbayar dengan suasana disini. Airnya juga seger,” ucapnya saat ditemui dilokasi, Sabtu (4/7/2020).

Hal senada turut disampaikan wisatawan lain, Rahayu Wandira. Ia mengkau merasa sangat senang dan puas berkunjung ke Curug Dengdeng. Terlebih dimasa pandemi covid-19, dirinya hanya bisa menghabiskan waktu tinggal dirumah saja.

“Senenglah. Apalagi kemarin kan sempat lockdown, kebanyakan dirumah aja. Karena sekarang sudah new normal, akhirnya memutuskan kesini,” ungkapnya.

Meski mengaku sebagai warga asli Pandeglang. Namun disampaikan, jika ia baru bisa menjelajah ke bagian selatan dari Kabupaten Pandeglang. Sehingga ia pun merasa bersyukur menjadi warga Pandeglang yang memiliki banyak potensi wisata alam yang tak kalah keren dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

“Ternyata banyak potensi wisata di Pandeglang. Curugnya juga bikin adem, dan yang paling penting itu perjalanannya seru, dan memicu adrenaline, karena jalannya naik turun. Meski capek tapi itu terbayar kok,” ungkapnya. (*/YS)

1. Sanuji PKS 2. Budi Rustandi 3. H. Rosyid
Royale Krakatau
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi