1. Indonesia Power 2. PT Batu Alam Gunung 3. Dindik Cilegon

Panas! 2 Kapal Induk AS Gelar Latihan di Laut China Selatan

0
1. Gembong 2. Ade Awaludin 3. M. Nawa Said

JAKARTA – Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi dua kapal induk sedang melakukan latihan di Laut China Selatan, Sabtu (4/7/2020) waktu setempat. Latihan itu digelar pada saat China melakukan latihan militer di LCS yang dimulai 1 Juli lalu.

“USS Nimitz dan USS Ronald Reagan sedang melakukan operasi dan latihan di Laut China Selatan untuk mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” tulis Angkatan Laut AS dalam rilisnya seperti dikutip Reuters, Minggu (5/7/2020).

mulia hut ri

Angkatan Laut AS tidak secara spesifik menjelaskan lokasi latihan di Laut China Selatan.

“Tujuannya adalah untuk menunjukkan sinyal yang jelas kepada mitra dan sekutu kami bahwa kami berkomitmen terhadap keamanan dan stabilitas regional,” ujar salah satu anggota perwira Angkatan Laut AS George Wikoff seperti dikutip Wall Street Journal.

1. Demokrat Banten 2. Helldy-Sanuji 3. Ade Hidayat

Wikoff membantah apabila latihan itu digelar untuk merespons latihan yang dilakukan militer China. Seperti diketahui, Departemen Pertahanan AS pada pekan ini mengkritik langkah China yang dinilai kontraproduktif terhadap upaya mengurangi ketegangan dan menjaga stabilitas.

China menepis kritik AS. Sebaliknya, Negeri Tirai Bambu menilai AS yang harus disalahkan seiring peningkatan ketegangan di Laut China Selatan.

Sejatinya, kapal induk AS telah lama melakukan latihan di Pasifik Barat, termasuk di Laut China Selatan. Pada satu titik AS bahkan menempatkan tiga kapal induk.

Pekan lalu, China mengumumkan akan menggelar latihan di dekat Kepulauan Paracel yang diklaim juga oleh Vietnam. Vietnam dan Filipina mengkritik rencana itu lantaran dapat memengaruhi hubungan diplomasi.

AS menuduh China berusaha mengintimidasi negara-negara di Asia Tenggara yang berpotensi mengeksploitasi cadangan minyak dan gas di kawasan itu. Negara-negara itu antara lain Brunei, Malaysia hingga Filipina. (*/CNBC)

1. Sanuji PKS 2. Budi Rustandi 3. H. Rosyid
Royale Krakatau
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi