Antisipasi Defisit, Pemkot Serang Akan “Ngutang” Rp 100 miliar ke BJB

SERANG – Untuk mengatasi defisit anggaran karena terdampak covid-19. Pemerintah Kota Serang pun berencana mengajukan pinjaman uang sebesar Rp 100 miliar ke Bank Jabar Banten (BJB) agar dapat menjalankan roda organisasi pemerintahan di tahun 2021.

Hal itu disampaikan Walikota Serang saat ditemui disela-sela kunjungannya ke gudang beras milik Pemerintah Kota Serang di Kecamatan Kasemen, Selasa (7/7/2020) sore.

“Rencana (pinjam) tapi belum, baru menanyakan kalau pinjam seperti apa, pengembalian seperti apa,” ucap Syafrudin.

Meski begitu, diakui Syafrudin, dirinya tidak terlalu berharap jika Pemerintah Kota Serang harus melakukan pinjaman uang tersebut. Untuk itu, ia berharap anggaran Pemerintah Kota Serang bisa mencukupi hingga bulan Desember 2020 mendatang.

“Kami tidak berharap pinjam. Mudah-mudahan 2020 ini sekalipun defisit tidak seberapa, anggaran cukup sampai Desember. Rencananya itu pinjam minimal Rp 100 miliar,” ungkapnya.

Dijelaskan Syafrudin, jika rencana peminjaman uang ke BJB terealisasi. Maka pihaknya pun akan memprioritaskan anggaran tersebut untuk digunakan dalam pembangunan infrastruktur di wilayah Kota Serang pada tahun 2021 mendatang.

“Itu untuk infrastruktur. Karena sekarang ini infrastruktur dikurangi, terutama bangunan-bangunan. Makanya itu kami rencana mau pinjam, itu untuk infrastruktur. Yang paling banyak itu jalan dan drainase. Karena di Kota Serang masih banyak titik banjir, itu juga harus kita pikirkan. Karena itu kami rencanakan pinjam. Akan tetapi belum sampai proses,” terangnya.

Namun, ia pun memaparkan, jika melihat kondisi keuangan Pemerintah Kota Serang saat ini nampaknya ada kemungkinan jika Pemerintah Kota Serang akan melakukan pinjaman uang tersebut. Meskipun hal itu masih tergantung pada capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkot Serang hingga akhir tahun 2020 mendatang.

“Ada kemungkinan, tapi kami tidak berharap pinjam ya. Kalau PAD normal, berarti tidak pinjam. Inshaallah Desember ke kejar PAD,” tandasnya. (*/YS)

Honda