Jelang Coklit, KPU Cilegon Akan Rapid Test Petugas Pemutakhiran Data

0
Al khairiyah donasi

CILEGON – Jelang tahapan pencocokan, dan penelitian (coklit) data pemilih Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cilegon Desember 2020 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon akan mengadakan Rapid Test Covid-19 untuk para Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), yang telah diusulkan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Komisioner KPU Cilegon Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Patchurohman menjelaskan, rekruitmen untuk SDM PPDP sudah dilakukan sejak 24 Juni 2020, dan akan berkahir 14 Juli untuk masa pembentukannya. Dimana di Kota Cilegon, PPDP berjumlah 778 orang, sesuai jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Nanti akan ada Rapid Test, untuk memastikan kesehatan. Karena bagi KPU merasa penting untuk menjaga kedaulatan warga Cilegon dalam hak pilih, tapi juga untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat. Sehingga saat coklit sehat dan terbebas di 15 Juli mendatang,” Jelasnya, saat ditemui di kantor KPU Cilegon, Rabu (8/07/2020).

Untuk jumlah saat ini, Kordiv SDM KPU Cilegon tersebut menjelaskan, sudah memenuhi ketentuan, yakni 778 orang dari seluruh Keluruhan yang ada di Cilegon. Dan untuk tugas PPDP akan melakukan pemutakhiran data pemilih, sehingga masyarakat bisa menggunakan hak pilih Pada Pilkada 2020.

M. Adam

Sementara itu, anggota PPK Kecamatan Grogol Rusbatullah mengaku, pihaknya sudah lengkap yakni sebanyak 75 orang untuk PPDP dari 4 Kelurahan yang ada. Dan terbagi menjadi, 25 orang di Kelurahan Gerem, 28 orang di Rawa Arum, 8 orang di Kota Sari, 14 orang di Grogol.

“Untuk kendala rekruitmen diaturan minimal usia 20 Tahun, dan maksimal 50 Tahun. Jadi ada nama yang masuk diatas 50 tahun sudah kita ganti. Kami juga siap menjalani Rapid Test sebelum dimulai pelaksanaan coklit,” Tuturnya.

Ketua PPK Citangkil Sofyan mengaku, telah menyisihkan nama-nama PPDP yang berusia diatas 50 Tahun, karena tak sesuai syarat administrasi. Di Citangkil ada sebanyak 145 orang, mengingat jumlah Kelurahan di Citangkil sebanyak 7 Kelurahan.

“Kami pastikan yang ada di data sudah clear (red: beres), karena dari PPS, ke kami (PPK), lalu kami kirim ke KPU Kota Cilegon,” Jelas Sofyan. (*/A.Laksono)

Helldy-Sanuji
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien