Komite II DPD RI Kawal Pemulihan Ekonomi di Banten

SERANG – Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pemerintah Provinsi Banten. Kedatangan mereka dihadiri langsung Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, di Pendopo Gubernur Banten, Kota Serang, Senin (13/7/2020).

Wakil Ketua Komite II DPD RI, Bustami Zainudin saat sambutan menyampaikan, Kunker yang dilakukan Komite II ke Banten merupakan bentuk pengawasan sebagai lembaga controling. Kemudian, ia menyebut hasil Kunker ini akan menjadi bahan pembahasan dengan mitra Komite II.

“Untuk mendengarkan dan masukan sekaligus rekomendasi, sebagai bahan pembahasana dengan mitra terkait,” ujarnya di hadapan pimpinan OPD.

Ada beberapa catatan Komite II dalam mengawal pemulihan ekonomi di Banten. Diantaranya kata Bustami, pemulihan ruas jalan yang menjadi perhatian DPD RI, seperti ruas jalan Serang-Jakarta.

Kemudian, Komite II yang konsen di bidang pengelolaan sumber daya alam dan pengelolaan sumber daya ekonomi menyinggung terkait regulasi adanya transportasi online roda dua dan empat, serta banyaknya industri di Kota Cilegon.

Dikatakan Bustami, banyaknya industri di Kota Cilegon harus benar-benar memperhatikan keselamatan dan kesejahteraan masyarakatnya. Dan jangan sampai membahayakan dan merugikan.

Senator asal Banten, Andiara Aprilia Hikmat mengatakan, Kunker tersebut merupakan bagian dari tugas dan fungsi DPD RI dalam melaksanakan fungsi pengawasan.

Kartini dprd serang

Sementara Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy menjelaskan, pihaknya saat ini masih fokus dalam penanggulangan Covid-19.

Capaian penanganan pandemi itu ia sampaiakan kepada jajaran Komite II DPD RI sebagai kondisi objektif yang terjadi di Provinsi Banten.

Terbukti kata Andika, di awal merebaknya wabah Covid-19, Banten yang sempat menempati urutan ke-3 se Indonesia, saat ini telah menurun hingga di peringkat ke-11.

Pemprov Banten sendiri diketahui telah memberlakukan PSBB di wilayah Tangerang Raya hingga jilid 6, untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Saya harapkan penyebaran Covid-19 segera berlalu, dan pembangunan daerah bisa berjalan kembali,” ucapnya.

Selanjutnya, ia menyampaikan, seluruh perencanaan pembangunan di Banten telah difokuskan kepada penanggulangan Covid-19.

Di tempat yang sama, Tranggono selaku Kepala Dinas PUPR Banten memaparkan capaian infrastruktur atau proyek jalan nasional di Provinsi Banten, serta program prioritas dan rekap usulan jalan nasional di Provinsi Banten. (*/JL)

Polda