Liburan Iduladha, Polda Banten Siapkan Skenario Satu Arah Menuju Anyer

0
Al khairiyah donasi

SERANG – Diprediksi akan terjadi kepadatan pada libur Idul Adha 1441 H kali ini di sejumlah objek wisata, Direktorat Lalu-lintas (Dirlantas) Polda Banten telah menyiapkan rekayasa arus lalu-lintas menuju Anyer, Carita, dan lokasi wisata lainnya di Provinsi Banten.

Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Rudy Purnomo mengatakan, diprediksi pada H+1 Idul Adha akan terjadi kepadatan kendaraan masyarakat yang akan berlibur ke sejumlah objek wisata. Sehingga bisa menimbulkan kemacetan arus lalu-lintas.

Untuk itu, pihaknya pun akan memberlakukan sistem one way atau satu arah di beberapa ruas jalan tertentu. Seperti jalan menuju ke wilayah Anyer dan Carita pada hari Sabtu dan Minggu besok.

“Masyarakat yang akan berlibur menuju Anyer, bisa keluar dari Gerbang Tol Cilegon Timur. Kemudian masuk ke Jalan Lingkar Selatan (JLS) dan keluar di persimpangan Ciwandan, Kota Cilegon,” ucap Kombes Pol Rudy Purnomo saat ditemui di Mapolda Banten, Jumat (31/7/2020).

Menurutnya, kondisi pemberlakuan sistem satu arah akan bergantung kepada situasi kepadatan arus lalu lintas pada akses menuju lokasi wisata pada libur Idul Adha yang bertepatan dengan libur akhir pekan.

M. Adam

“Prediksi untuk hari Sabtu Minggu besok kita sampaikan, kita laksanakan one way untuk masuk ke Anyer dan untuk one way baliknya,” ujarnya.

Ia pun menerangkan, jika terjadi kepadatan arus lalu lintas menuju sejumlah objek wisata. Maka pemberlakuan sistem satu arah menuju kawasan wisata Anyer akan diberlakukan mulai pukul 08.00 wib hingga pukul 11.00 wib. Sementara, untuk kendaraan yang akan keluar dari Anyer menuju Cilegon akan dilakukan pada pukul 14.00 wib hingga pukul 16.00 wib.

Disampaikan Kombes Pol Rudy, kemungkinan pada libur Idul adha kali ini sejumlah objek wisata di Provinsi Banten akan dipadati oleh para pengunjung. Untuk itu, ia pun meminta agar para pengelola wisata untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

“Harus tetap mengikuti protokol kesehatan, pake masker, rajin cuci tangan hingga mengenakan sarung tangan,” tegasnya.

Selain itu, ia pun menghimbau kepada para pengendara untuk tetap tertib dalam berlalu lintas dan tidak secara ugal-ugalan dalam mengendarai kendaraannya agar tidak mencelakai diri dan orang lain.

“Jangan ugal-ugalan dalam berkendara, dan harus tetap utamakan keselamatan. Karena itu faktor paling penting,” tukasnya. (*/YS)

Mulia
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien