Libur Iduladha, Penumpang Ferry Merak-Bakauheni Wajib Beli Tiket Online

CILEGON – Trafik penumpang dan kendaraan yang didominasi mobil pribadi mengalami peningkatan pada periode angkutan Hari Raya Iduladha pada akhir pekan ini, khususnya di lintas penyeberangan Merak-Bakauheni.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, volume penumpang dan kendaraan yang naik kapal ferry mengalami peningkatan, sekitar 20-30 persen dibandingkan hari normal. Hal ini sesuai prediksi kami, periode libur Hari Raya Iduladha yang bertepatan dengan long weekend.

“Peningkatan volume penumpang dan kendaraan terjadi pada puncak arus berangkat mulai Rabu (29/7/2020) hingga Kamis (30/7/2020) malam. Dari Pelabuhan Merak, peningkatan tren penumpang pejalan kaki, sepeda motor dan mobil pribadi terjadi pada sore hingga dini hari. Karenanya, kami terus mengingatkan kepada pengguna jasa khususnya di Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk agar membeli tiket via online Ferizy.com, pastikan telah membeli tiket maksimal 5 jam sebelum keberangkatan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, pada saat puncak arus keberangkatan, terjadi peningkatan volume yang signifikan khususnya kendaraan dikarenakan dominasi pengguna jasa yang menyeberang di waktu malam hingga dini hari. Selain itu, masih terdapat pengguna jasa yang belum memiliki tiket ketika sampai di pelabuhan sehingga pelayanan di toll gate menjadi terhambat.

Data produksi mencatat, jumlah total penumpang yang menyeberang dari Merak menuju Bakauheni pada Kamis (30/7/2020) pagi hingga Jumat (31/7/2020) pagi tercatat sebanyak 46.688 orang atau naik 147 persen dibandingkan realisasi periode sama Idul Adha tahun lalu sebanyak 31.677 orang. Diikuti sepeda motor sebanyak 6.889 unit atau naik 240 persen dibandingkan realisasi periode sama Iduladha tahun lalu sebanyak 2.867 unit. Sedangkan untuk roda empat penumpang tercatat 4.953 unit atau naik 244 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 2.030 unit, dan kendaraan logistik tercatat sebanyak 2.513 unit atau hanya mencapai 97 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 2.586 unit.

Sementara total penumpang yang menyeberang dari Bakauheni ke Merak pada Kamis (30/7/2020) pagi hingga Jumat (31/7/2020) pagi tercatat sebanyak 17.757 orang atau hanya mencapai 67 persen dari total 26.511 orang penumpang pada periode sama Iduladha tahun lalu. Diikuti kendaraan sepeda motor sebanyak 540 unit atau hanya 32 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 1.680 unit. Sedangkan untuk mobil pribadi tercatat sebanyak 1.967 unit atau mencapai sekitar 75 persen dari realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 2.614 unit, dan kendaaraan logistik tercatat sebanyak 1.517 unit atau hanya mencapai 83 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 1.818 unit.

Sejak awal ASDP terus menyosialisasikan agar pengguna jasa ferry mempersiapkan perjalanan dengan sebaik-baiknya termasuk dengan melakukan pembelian tiket melalui Ferizy via website www.ferizy.com, aplikasi di ponsel atau beli langsung di Alfamart. Manfaatkan sebaik-baiknya kemudahan pembelian tiket ASDP, sehingga tidak perlu antre lagi di pelabuhan. Via online, tiket dapat dibeli H-60 hingga maksimal 5 jam sebelum keberangkatan.

“Kami juga mengimbau agar melakukan perjalanan pada siang hari, sehingga dapat menghindari potensi antrian yang terjadi pada malam hari. Dan pengguna jasa diimbau melakukan check in 2 jam sebelum keberangkatan,” tuturnya lagi. (*/red)

Honda