Bunda, Saran Dokter Anak Belajar Online Maksimal 1,5-2 Jam/Hari

Dprd ied

JAKARTA – Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberikan rekomendasi terkait pembelajaran jarak jauh bagi anak yang menggunakan gadget, baik laptop maupun smartphone.

Dalam rekomendasi yang ditandatangani oleh Ketua IDAI Aman B Pulungan dinyatakan bahwa rekomendasi dalam hal regulasi screen time tidak dapat berdiri sendiri, tetapi merupakan bagian integral yang komprehensif bersama dengan regulasi akftifitas fisik, regulasi aktivitas sedentarian, dan regulasi tidur yang sesuai dengan tahapan usia anak.

Screen time adalah waktu yang digunakan untuk menggunakan komputer, menonton televisi, ataupun bermain video games.

dprd tangsel

“Selama sekolah dari rumah (SFH), durasi waktu screen time berisiko akan mengalami peningkatan, sehingga diperlukan perhatian khusus untuk menjaga keseimbangan antara aktivitas fisik, screen time, dan masa tidur, yang merupakan kebutuhan dasar untuk tumbuh kembang anak optimal,” tulis rekomendasi IDAI.

IDAI menyatakan bahwa untuk usia Sekolah Dasar, yakni 6-12 tahun bahwa screen time tidak lebih dari 90 menit. Untuk itu IDAI meminta kepada Orang Tua untuk mendiskusikan belajar online tidak pebih dari 90 menit per hari.

Sementara itu, untuk SMP dan SMA, yakni umur 12 tahun hingga 18 tahun, IDAI menyarankan screen time tidak lebih dari 2 jam.

“Diskusikan dengan sekolah, sebaiknya PJJ daring tidak lebih dari 2 jam dalam sehari,” tulis rekomendasi IDAI. (*/CNBC)

Golkat ied