Warga Palestina Rayakan Kurban dari Indonesia

0
Al khairiyah donasi

JAKARTA – Ribuan warga dari Palestina, Myanmar, dan Uganda ikut merayakan penyembelihan kurban yang datang dari Indonesia sebagai bagian dari program Kurban 4 Negara yang diinisiasi International Networking for Humanitarian (INH).

Hampir 2.000 warga dari 4 negara telah merasakan manfaat dari program ini. contohnya di Palestina, tim INH melakukan secara langsung proses penyembelihan hewan kurban selama hari raya dan hari tasyrik berturut-turut, sebelum hasilnya diantarkan secara langsung satu-persatu kepada para dhuafa di Jalur Gaza.

Salah satu penerima manfaat, Hasan Tafis, mengungkapkan apresiasi kepada masyarakat Indonesia yang terus memperhatikan nasib rakyat Palestina dari waktu ke waktu. “Semoga Allah membalas amal ibadah kalian semua,” katanya saat menerima bantuan daging kurban di rumahnya.

Sementara di Mwema, Uganda, penyembelihan hari raya tidak dilanjutkan karena turunnya hujan deras sepanjang hari sehingga menyebabkan sulitnya proses penyembelihan, sehingga harus dilakukan pada hari tasyrik secara berturut-turut.

“Kami hanya bisa menyembelih satu ekor sapi dan domba pada hari raya, sisanya dilakukan di hari tasyrik semua,” kata ketua panitia penyembelihan kurban INH Ibrahim di dusun Mwema.

M. Adam

Menurutnya, hingga hari terakhir tasyrik dilakukan, penerima manfaat di Uganda mencapai 800 orang.

Berbeda dengan komunitas Muslim di pedalaman Sitwe, Myanmar, masyarakat harus melakukan penyembelihan hewan kurban dengan sangat hati-hati. Bukan karena mereka hidup sebagai komunitas, namun Muslim di kamp Sitwe merupakan wilayah yang kerap terjadi konflik selama ini.

“Sampai hari ketiga tasyrik, penerima manfaat dari kurban di Sitwe berjumlah kurang lebih 200 orang,” ujar Maulana salah satu kordinator penyembelihan kurban di wilayah tersebut.

Bersamaan dengan itu, ketua INH Lukmanul Hakim mengungkapkan berbagai upaya telah dilakukan agar bantuan kemanusiaan untuk luar Indonesia bisa sampai kepada yang benar-benar membutuhkan.

Dia juga berharap tahun depan bisa memperluas program kurban untuk wilayah yang membutuhkan seperti Suriah dan negara minoritas Muslim lainnya. Namun hal itu tentu tidak mudah karena masing-masing dari mereka memiliki tantangan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, Lukman mengucapkan rasa syukur dan apresiasi kepada para warga yang telah ikut perduli dalam program ini, dan mengharapkan dukungan terus untuk membantu Muslim di luar sana yang kondisinya tidak sama dengan di dalam negeri. (*/Republika)

Helldy-Sanuji
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien