BPJS-TK Tanggung Pengobatan Prades di Lebak yang Alami Kecelakaan

Dprd ied

LEBAK – Kepala Cabang Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Wilayah Banten, Didin Haryono memastikan akan menanggung seluruh biaya pengobatan Prangkat Desa (Prades) yang mengalami kecelakaan lalulintas.

Diketahui, Deden Rudi Hermasyah, selaku Prades Margamulya, Kecamatan Cileles, Lebak mengalami kecelakaan lalulintas saat melaksanakan tugas kantornya.

Sontak, pihak BPJS Ketenagakerjaan langsung menjenguk Prades tersebut yang tengah dirawat di ruang ICU RSUD Adjidarmo, Rangkasbitung, Lebak, Senin (10/8/2020).

“Karena Prades ini adalah peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka seluruh biaya pengobatan kami tanggung. Berapapun biaya yang dibutuhkan sampai yang bersangkutan dinyatakan sehat oleh dokter, ” ujar Didin Haryono dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan.

Dengan premi Rp.16,200 per bulan, peserta BPJS Ketenagakerhaan bisa menerima manfaat pengobatan tanpa batas jika mengalami kecelakaan kerja.

dprd tangsel

“Inilah manfaat luar biasa kepesertaan BPJS ketenagakerjaan, kami jamin pengobatannya sampai tuntas. Kami harapkan keluarga bisa lebih tenang menghadapi musibah ini karena seluruh biaya sudah ditanggung kami. Ini adalah bentuk kongkret kehadiran BPJS Ketenagakerjaan atasnama negara di hadapan rakyat, ” sambungnya.

Dengan kejadian kecelakaan yang menimpa Prades itu, pihaknya mengimbau untuk segera mengambil hikmah dan pelajaran.

“Untuk semua, khususnya di jajaran Pemdes dan seluruh para pekerja di lingkungan Pemkab Lebak, khususnya Non ASN agar segera didaftarkan pada BPJS Ketenagakerjaan utuk mendapatkan perlindungan dasar normatif berupa jaminan kecelakaan kerja JKK dan jaminan kematian JKM. Dan bagi yang sudah terdaftar agar terus menerus pembinaan dan pembayarannya,” terangnya.

Menurutnya, bagi yang sudah terdaftar perlu terus dilakukan pembinaan dan edukasi, agar lebih faham dan berkelanjutan dalam hal iuran serta kepesertaannya.

Langkah cepat yang diambil pihak BPJS Ketenagakerjaan tersebut langsung mendapat apresiasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lebak.

“Kami sangat apresiasi karena langkah cepat dari BPJS ketenagakerjaan Ini sangat luar biasa, cepat dan tepat sehingga petugas medis bisa langsung melakukan penanganan tanpa ragu siapa yang akan tanggung biayanya,” tutur Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lebak, Tahlidin saat dilansir dari Resonasi.id. (*/JL)

Golkat ied