Ini Perbedaan Pinjaman Online Produktif dan Konsumtif

0
Al khairiyah donasi

FAKTABANTEN – Ada sebagian masyarakat yang memiliki prinsip untuk tidak membiasakan berhutang atau mengajukan pinjaman. Namun juga tidak sedikit masyarakat yang sering bergantung pada pinjaman uang. Karena mungkin ada masalah yang mendesak sehingga memilih untuk meminjam uang.

Namun, bisa juga pinjaman uang tersebut digunakan sebagai modal usaha. Jika Anda tidak memiliki aset, maka lebih disarankan bagi Anda supaya menggunakan KTA, yaitu Kredit Tanpa Agunan. Ada banyak jasa pinjaman online yang menyediakan KTA mudah dan cepat. Pinjaman tersebut pun juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu pinjaman produktif dan konsumtif. Lalu apa perbedaan dari keduanya? Simak Berikut!

Pinjaman Produktif

Bisa dilihat dari namanya, pinjaman produktif berarti pinjaman yang Anda gunakan untuk kegiatan produktif. Misalnya saja seperti yang sudah dikatakan tadi, yaitu pinjaman uang untuk modal usaha. Jadi uang pinjaman ini nantinya, tidak hanya habis untuk kebutuhan saja, melainkan bisa diolah untuk mendapatkan uang yang lebih besar lagi.

Kemudian ada pula contoh lain, yakni misal saja jika Anda ingin merenovasi rumah. Anda pun bisa menggunakan Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Kenapa Anda harus menggunakan KTA? Karena proses pencairan KTA sendiri memang terbilang mudah dan cepat.

Jadi intinya, pinjaman produktif berarti pinjaman yang dapat menjadi nilai lebih untuk Anda yang akan meminjam uang. Sehingga Anda juga tidak akan kesulitan saat melunasinya, karena uang Anda sudah lebih dari jumlah pinjaman yang tadi Anda pinjam sebelumnya.

Pinjaman Konsumtif

Jelas berbeda dengan pinjaman produktif. Jika pinjaman konsumtif, berarti Anda meminjam uang untuk kebutuhan Anda. Misalnya untuk mengkredit handphone, membeli motor, dan kebutuhan lainnya. Meskipun Anda melakukan pinjaman konsumtif, Anda juga tetap bisa menggunakan KTA.

Karena proses KTA tergolong mudah dan cepat, maka bisa digunakan untuk umum entah itu pinjaman produktif maupun konsumtif. Jadi intinya, pinjaman konsumtif merupakan pinjaman yang bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda.

M. Adam

Biasanya juga pinjaman konsumtif dibutuhkan untuk kebutuhan-kebutuhan yang mendadak atau mendesak. Misalnya untuk membayar uang sekolah, atau tiba-tiba anggota keluarga ada yang sakit. Maka dari itu, lebih disarankan pula untuk menggunakan Kredit Tanpa Agunan, karena memang sudah terjamin bahwa proses KTA mudah dan cepat.

Terlepas dari prosesnya, perlu diketahui bahwa pinjaman itu sendiri bisa dibilang produktif dan konsumtif itu tidak tergantung pada macam produknya. Karena Anda bisa menentukan pinjaman tersebut bersifat konsumtif atau produktif, bisa dilihat dari tujuan Anda melakukan pinjaman tersebut, ya!

Adapun beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memutuskan menggunakan pinjaman online diantaranya yakni seperti berikut:

1. Teliti Ketentuan dan Syarat Pinjaman

Semua hal memang harus dicari terlebih dahulu, termasuk pada ketentuan dan syarat pada pinjaman. Mengapa begitu? Sebab semua harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti, contohnya saja seperti pada tanggal jatuh tempo, serta biaya bunga. Pilihlah mana yang sesuai dengan kebutuhan, namun juga dengan kemampuan dalam membayarnya!

2. Pemanfaatan pada Pinjaman

Pada poin kedua, terletak pada pemanfaatan pinjaman yang jangan sampai terjadinya kesalahan di bagian ini! Maka simaklah penjelasan dari dua perbedaan pinjaman di atas, supaya jelas dan tidak salah lagi dalam membedakan!

3. Perhitungkan Pendapatan yang Anda Punya

Yang perlu diperhatikan berikutnya, yakni perhitungan pada pendapatan yang Anda miliki. Karena semua harus serba cukup, yang batas minimum cicilan atau utang pada normalnya yakni 30% dari penghasilan bulanan Anda.

Salah satu aplikasi pinjaman online yang memberikan layanan KTA cepat adalah Tunaiku. Telah terdaftar di OJK, maka aplikasi ini telah menjawab segala kecemasan Anda terkait pinjaman online yang aman dan cepat. Selain itu, proses dan persyaratan yang diberikan oleh Tunaiku juga sangat cepat untuk dipenuhi.

Orang awam yang masih baru dalam dunia pinjaman online juga tidak perlu khawatir, karena Tunaiku sangat mudah untuk digunakan. Dengan berbagai kemudahan tersebut, tidak heran jika Tunaiku bisa menjadi solusi tepat bagi Anda yang membutuhkan suntikan dana besar dalam waktu yang mendesak.(*/Red)

Helldy-Sanuji
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien