Gitaris Legendaris Eddie Van Halen Ternyata Keturunan Lebak Banten

0
Perkim

JAKARTA – Gitaris legendaris Eddie Van Halen ternyata ada hubungan darah dengan Indonesia. Legenda ini anak dari seorang perempuan asal Rangkasbitung, Banten.

Ibunda Van Halen adalah Eugenia Van Beers. Eugenia Van Beers lahir di Lebak, Banten pada 21 September 1914.

Rsud sumpah

Kesaksian dan bukti Van Halen adalah keturunan Indonesia diabadikan di Museum Multatuli di Rangkasbitung, Banten.

Pengamat musik Adib Hidayat pun tahu soal itu.

“Dunia telah kehilangan @eddievanhalen di tahun 2020. Gitaris @VanHalen yang memiliki ibu berasal dari Rangkasbitung,” tulisnya di Akun Twitternya @AdibHidayat.

It’s got what it takes/So tell me why can’t this be love?/Straight from my heart/Oh, tell me why can’t this be love? …. Dibawakan dengan suara serak khas Sammy Hagar, dilatari nada gitar melengking petikan Eddie Van Halen, lagu ini adalah salah satu dari judul-judul favorit musik rock era 1980-an. Semakin melambungkan nama Eddie Van Halen sebagai pemain gitar dengan teknik yang begitu keren.

Namun ada kabar duka, gitaris Eddie Van Halen wafat dalam usia 65 tahun karena kanker tenggorokan.

Berita sedih itu, seperti dikutip dari TMZ, menyebutkan bahwa rocker bernama lengkap Edward Lodewijk Van Halen meninggal dunia pada Selasa (6/10/2020).

Diberitahukan langsung oleh sang putra, Wolfgang Van Halen, via media sosial Instagram atas nama akun pribadinya, @wolfvanhalen.

“Rasanya tidak percaya, harus menuliskan kabar berpulangnya ayah saya, Edward Lodewijk Van Halen, setelah perjuangan panjang melawan kanker … I love you so much, Pop,” demikian antara lain bunyi petikannya.

Eddie Van Halen dan abangnya, Alex Van Halen mendirikan band di Pasadena, California, Amerika Serikat, pada 1972.

Pcm sumpah pemuda

Formasi awal adalah David Lee Roth (vokal), Michael Anthony (bass), Alex Van Halen (drum), dan Eddie Van Halen (gitar).

Album “1984” mereka meraih sukses, dengan single “Jump” merajai chart lagu-lagu yang diputar di radio berbagai negara.

Teknik bermain gitar Eddie Van Halen, sebagaimana dikutip dari BBC, disebut-sebut sebagai “Mozart of rock guitar”, dan vokalis group band Kiss, Gene Simmons menjulukinya sebagai Dewa Gitar.

Semasa hidupnya, Eddie Van Halen lekat dengan dunia otomotif. Termasuk menyematkan berbagai mobil keren dalam video clip lagu-lagu mereka. Antara lain Lamborghini Miura untuk lagu Van Halen bertajuk “Panama”.

Dikutip dari Ultimate Classic Rock, Eddie Van Halen belum lama ini menjual tiga mobil yang ia koleksi. Antara lain Chevrolet Nova (1970) dan Dodge COE (1947).

Tentu saja keduanya sudah direstorasi penuh dan dirawat agar tetap cantik.

Menurutnya, ada kesamaan antara bermain gitar di panggung dengan kesukaannya pada dunia otomotif, utamanya mobil-mobil bertenaga gahar.

“Adrenalinnya serupa. Kita bakal selalu didorong sampai batas maksimal, baik manggung maupun ngebut di trek,” ungkap Eddie Van Halen saat diwawancara Car and Driver.

“Karena itu, bisa berimprovisasi dengan cepat adalah hal terpenting. Jangan berlebihan. Bila mesti spin out, ya spin out. Sama, bila kita membuat hidup sendiri berantakan.

Mau senyum-senyum saja, atau improvisasi secara cepat, seperti menangani kecelakaan di depan mata, atau bila ada yang ingin ngebut menyalip di depan kita,” lanjutnya filosofis.

Selamat jalan, Dewa Gitar, Eddie Van Halen. (*/Suara)

Dprd sumpah pemuda
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien