Gelar Rakor, KPU Banten Siapkan Rapid Test untuk Petugas KPPS dan Pengaman TPS

Lmp-dindik-helldy

SERANG – Bertempat di Aula KPU Provinsi Banten digelar Rapat Koordinasi Persiapan Pemeriksaan Covid-19 Bagi KPPS dan Petugas Pengamanan TPS Pada Pemilihan Serentak Tahun 2020, Jumat (16/10/2020).

Tampak hadir Ketua dan Anggota KPU Provinsi Banten, serta narasumber antara lain Dinas Kesehatan Provinsi Banten yang diwakili Bidang SDK dan Kefarmasian.

Hj. Rohimah selaku Anggota KPU Provinsi Banten Divisi Sumber Daya Manusia dalam penyampaian materinya menjelaskan persiapan perekrutan KPPS dan Pelaksanaan tes Screening Covid-19.

Berdasarkan data dari empat KPU kabupaten dan kota diketahui jumlah total TPS pada Pemilihan Serentak tahun 2020 mencapai 9.055 TPS, sehingga total petugas KPPS berjumlah 63.385 petugas, dan petugas pengamanan TPS berjumlah 18.110 petugas.

ks-ip-helldy

Dalam perekrutan KPPPS, PPS akan merekrut Calon KPPS yang mampu mengoperasikan smartphone, guna menunjang penggunaan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) sesuai Surat Edaran No 901 tanggal 15 Oktober 2020.

“Adapun pemeriksaan rapid test dijadwalkan pada 24 November sampai dengan 2 Desember 2020,” terang Rohimah.

Sementara itu narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten menyampaikan bahwa berdasarkan kondisi wilayah yang terkena Covid-19, Zona Merah Covid ada di Banten khususnya paling diwaspadai di Tangerang Raya, Khususnya Tangerang Selatan, sementara Cilegon sudah menurun.

Dinas Kesehatan juga mengadakan Swab di Provinsi Banten yang berbayar dan gratis, yang dapat dimanfaatkan juga oleh KPU untuk penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2020. Mengenai pelaksanaan rapid test Dinkes Provinsi Banten berharap dilaksanakan secara serentak agar Dinas Kesehatan Provinsi dapat mendorong dinkes Kabupaten/Kota.

Berdasarkan laporan dari empat KPU kabupaten/kota diketahui untuk KPU Kabupaten Pandeglang telah melaksanakan MoU dengan Dinas Kesehatan pada hari Rabu tanggal 2 Bulan September 2020, untuk KPU Kota Tangerang Selatan pada tanggal 30 September 2020 telah melakukan rapat koordinasi dengan 14 Rumah Sakit yang dihadiri juga oleh Dinas Kesehatan Kota, dan Rumah sakit bersedia membuat posko sampai dengan tingkat kelurahan. (*/Red)

bb-pcm-helldy
Pagem