Pertamina Ganti Tabung Gas Biru 12kg Dengan Pink

Dprd ied

SERANG– Masyarakat yang kerap menggunakan elpiji tabung gas 12 kilogram berwarna biru harus bersiap-siap beralih ke yang lain. Pasalnya, tabung gas 12 kilogram itu bakal ditarik serentak peredarannya dari masyarakat untuk kemudian digantikan oleh tabung bright gas 12 kilogram berwarna pink.

Hal itu menyusul keputusan PT Pertamina Nomor 1736/Q24030/2020-S3 tertanggal 31 Mei 2020 mengenai Produk Tunggal Gas 12 kg. Artinya, PT Pertamina (Persero) akan menerapkan strategi single brand untuk komoditas gas 12 kilogram. Sehingga peredaran tabung gas elpiji 12 kilogram berwarna biru akan dihapus.

Atas dasar itulah, pihak Hiswana Migas Provinsi Banten pun sudah mulai melakukan penarikan tabung gas elpiji 12 kilogram berwarna biru di masyarakat. Namun, hal itu dilakukan secara bertahap dan tidak sekaligus.

“Iya sudah dari kemarin-kemarin, tapi gak sekaligus. Jadi masyarakat yang mau isi ulang tabung 12 kilogram biru nanti diarahkan diganti ke tabung 12 kilogram berwarna pink, yang bright gas,” ucap Kepala Bidang Elpiji Hiswana Migas Provinsi Banten, Yudi Lukman kepada awak media, Senin (19/10/2020).

dprd tangsel

Namun, disampaikan Yudi, jika pihaknya tidak memiliki target penarikan peredaran tabung gas elpiji 12 kilogram berwarna biru di masyarakat. Namun dipastikan, jika proses itu sudah dan akan terus berjalan hingga seluruh masyarakat Banten benar-benar beralih menggunakan bright gas 12 kilogram.

“Target penarikan keseluruhan sih gak ada, tapi akan terus kita lakukan. Karena kan alokasi elpiji 12 kilogram biru juga sudah tidak ada. Dan nanti otomatis juga masyarakat pengguna elpiji 12 kilogram biru beralih ke bright gas,” ujarnya.

Menurutnya, jika keputusan PT Pertamina yang mengganti tabung gas 12 kilogram berwarna biru dengan tabung bright gas 12 kilogram berwarna pink merupakan kebijakan yang justru menguntungkan konsumen.

Pasalnya, selain harga jualnya yang relatif sama. Kualitas tabung bright gas yang sudah menggunakan double valve dinilai akan menghemat penggunaan gas.

“Dan yang pasti harga bright gas 12 kilogram disamakan dengan yang 12 kilogram biru, tidak ada kenaikan atau perubahan harga. Kualitas tabung bright gas juga lebih baik, pake double valve, penekanan pengeluaran pemakaian lebih stabil. Jadi lebih irit pemakaiannya dengan aktifitas pemakaian yang sama,” terangnya. (*/YS)

Golkat ied