Ketua PA 212 Bangun Masjid di Kawasan Hiburan Malam di Cilegon, Walikota: Bisa Jadi Pembunuh Kemaksiatan

0
Hari guru IP IRT

CILEGON – Sebuah masjid dengan tampilan luar dan ornamen berwarna putih nampak berdiri megah di sisi Jalan Lingkar Selatan (JLS) Cilegon atau berada di tengah-tengah lokasi yang dikenal sebagai kawasan hiburan malam di Kota Baja.

Bahkan jika Kawan Fakta hafal lokasinya, masjid dengan nama Al-Haqq itu berada persis bersebelahan dengan tempat hiburan malam Silbers Resto yang beralamat di Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber, yang juga terhubung dengan Lingkungan blok B Perumahan PCI.

Mulia

Diketahui, Masjid Al-Haqq yang berdiri di atas lahan seluas 400 meter persegi tersebut dibangun secara swadaya pribadi oleh Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 Kota Cilegon, Malim Hander Joni.

Masjid Al-Haqq tampak bersebelahan dengan Silbers Resto /Dok

Meski ada di Kawasan Hiburan Malam, namun pasca meresmikannya di momen Hari Santri Nasional, Kamis (22/10/2020), Walikota Cilegon Edi Ariadi menegaskan fasilitas Masjid Al-Haqq ini akan menjadi penyeimbang bahkan mengurangi kemaksiatan di Kawasan JLS Cilegon.

“Kita harapkan masjid ini jadi penyeimbang, malahan pembunuh (hiburan malam-red) nantinya. Kita berterimakasih ya, karena saya baru tahu juga kalau masjid ini ada di JLS,” ungkap Edi Ariadi kepada wartawan, Kamis.

Walikota Edi juga mengakui bahwa tempat hiburan malam di Kawasan JLS ini belakangan aktivitasnya terus dikeluhkan oleh masyarakat. Karenanya dia bersyukur ada sarana ibadah yang ke depannya bisa merubah citra kawasan tersebut.

“Dengan adanya masjid ini membantu pemerintah untuk pembinaan umat. Mudah-mudahan yang datang ke tempat hiburan juga berkurang,” ungkap Edi.

Hari guru dindik

“Ya walaupun katanya Cilegon seperti begini dan begitu, tetaplah ada sosok seperti Pak Haji Joni ini, terus membantu pembinaan umat,” imbuh walikota Edi.

Sementara itu, tokoh masyarakat Cilegon yang juga Ketua PA 212 Malim Hander Joni, berharap majid yang didirikannya ini bermanfaat untuk masyarakat, apalagi sepanjang JLS belum ada masjid.

Masjid yang dibangun dari wakaf pribadi MH Joni dan juga bantuan swadaya keluarga dan tetangga ini, diyakini akan sangat membantu umat Islam dalam beribadah.

Walikota Cilegon dan Tokoh Masyarakat Hadiri peresmian Masjid Al-Haqq /Dok

“Saat ini, sudah ada satu masjid yang bisa digunakan untuk beribadah. Ini jalur ramai dan kawasan bisnis, Insya Allah banyak yang memanfaatkan,” ungkapnya. 

Masjid Al-Haqq ini terdiri dari dua lantai, yakni lantai satu bisa digunakan untuk kajian atau kegiatan agama lainnya, dan lantai dua untuk ibadah shalat.

“Sudah bisa digunakan. Ke depan kita punya rencana untuk diperbesar lagi. (Pembangunan Masjid Al-Haqq) ini murni dari keluarga dan malah ada tetangga dan warga juga yang menyumbang. Masjid ini rencananya akan diwakafkan ke yayasan yang kita bikinkan. Supaya nanti ada yang ngurus,” kata pria yang akrab disapa Haji Joni ini.

Ditanya soal keberadaan masjid yang didirikannya itu di sekitar Kawasan Hiburan Malam, Haji Joni membenarkan apa yang diharapkan oleh Walikota Cilegon, agar mampu mengurangi kemaksiatan di wilayah tersebut.

“Berbisnis dengan Allah itu lebih menguntungkan. Saya hanya mengharap ridha Allah saja, hasilnya Allah yang menentukan. Sudah puluhan tahun kerja, masak harus dibawa mati,” tegasnya. (*/Red/Rizal)

Paud kpu
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien