Jelang Libur Panjang, Satlantas Cilegon Ubah Skema Operasi Kalimaya

0
Hari guru IP IRT

CILEGON – Pola operasi zebra kalimaya yang akan dilakukan Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Banten akan kembali digelar. Hal ini akan dilakukan pada 26 Oktober, hingga 8 November 2020 mendatang, dan pola yang digunakan akan berbeda dari sebelumnya.

Hal ini juga dikatakan Kasatlantas Polres Cilegon, AKP Ali Rahman. Menurutnya, operasi zebra kalimaya yang akan dilakukan oleh pihaknya akan lebih mengedepankan langkah preemtif, dan preventif. Sehingga upaya-upaya represif, terhadap para pengguna jalan akan diminimalisir.

Mulia

“Pengecekan surat (kendaraan) kita minimalkan. Fokus tiga prioritas pelanggaran lalu lintas. Seperti tidak menggunakan helm, safety belt dan pengendara dibawah umur,” ucapnya, Sabtu (24/10/2020).

Untuk mengoptimalkan kegiatan, Kepolisian akan bersinergi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon, saat menggelar operasi zebra kalimaya di wilayah hukum Polres Cilegon. Selain itu, Satgas Covid-19 Kota Cilegon pun akan dilibatkan, untuk turut mensosialisasikan protokol kesehatan bagi masyarakat.

“Akan dilaksanakan di masing-masing polsek, nanti gabung disitu. Dan kalau dari Satlantas sendiri ada 73 personel,” ujarnya.

Hari guru dindik

Sementara itu, untuk libur panjang dalam momen memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di tanggal 28 – 31 Oktober mendatang. Diungkapkan Ali, bahwa pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas, untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di momen libur panjang tersebut.

Sebab, sebagai daerah perlintasan menuju tempat wisata seperti Anyer dan Carita, kerap terjadi peningkatan intensitas kendaraan wisatawan di wilayah hukum Polres Cilegon. Pihaknya pun, akan berjaga di pintu masuk sejumlah tempat wisata.

“Kita berlakukan rekayasa lalu lintas, di ASDP (Merak) sama Anyer dan Cinangka. Nanti di wilayah pantai umumnya, pas masuk diberlakukan protokol kesehatan. Mulai dari cek suhu, penggunaan masker, dan himbauan jaga jarak,” tuturnya.

Meski begitu, ia pun berharap agar masyarakat tidak bepergian ke luar rumah di momen libur panjang nanti. Menurutnya, lebih baik masyarakat tetap melakukan aktivitas bermanfaat bersama keluarga dirumah agar terhindar dari penularan covid-19.

“Sesuai anjuran pemerintah, liburan panjang isi kegiatan yang bermanfaat di rumah. Dan sebisa mungkin hindari kerumunan. Mari kita bantu pemerintah untuk terus menekan penyebaran covid-19,” tegasnya. (*/A.Laksono).

Paud kpu
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien