Kadispar Banten Klaim Telah Bangkitkan Semangat Pelaku Industri Pariwisata

SERANG – Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Banten, M. Agus Setiawan mengklaim bahwa telah berupaya membangkitkan semangat bagi para pelaku industri pariwisata di masa pandemi Covid-19.

“Terkait dengan pandemi ini kami saat ini membangkitkan semangat pelaku industri pariwisata agar mereka tetap bergairah dan punya aktivitas,” ujarnya kepada wartawan saat menyampaikan materi capaciy building diacara Pokja Ekbispar Banten, Kabupaten Serang, Jumat (6/11/2020).

Dalam kesempatan itu, pihaknya memberikan tips untuk para pelaku usaha pariwisata agar tetap menjaga stabilitas bisnisnya di masa pandemi Covid-19

“Strategi wisata yang kelas pertama adalah untuk membentuk destinasinya, selanjutnya adanya promosi, pengembangan SDM dan kelembagaan dan industri pariwisata,” katanya.

Agus bilang, di tengah pandemi ini menjadi peluang kuat untuk para pelaku industri pariwisata dalam rangka memperbaiki situasi bisnisnya. Sehingga kondisi tersebut bisa dimanfaatlan untuk bisa memperbaiki wisata di Banten.

“Dengan adanya Covid ini juga di dunia wisata akan ada harapan. Destinasi harus kita benahi, SDM nya harus kita dorong, industrinya harus juga kita bina,” jelasnya.

Doddy Fathurahman, selaku Cluster General Manager Aston Anyer – Aston Cilegon mengakui jika Covid-19 bukan hanya berdampak terhadap perhotelan saja, melainkan semua industri juga terasa efeknya.

“Harapan kami dari pengelola hotel, market size ini pemerintah membuka jalan untuk tamu yang di luar, mungkin temen kami di Tangerang berharap adanya pembukaan air port, dan ini bisa dilakukan oleh pemerintah,” katanya.

Pihaknya juga berharap pada tahun 2021 mendatang, nhubungan pelaku industri pariwisata dan pemerintah bisa lebih mesra lagi.

“Kita juga dari pihak pelaku akan semangat berguna untuk pemerintah apabila dilibatkan dalam hal program-program,” tutup Doddy. (*/Faqih)

Honda