Pangdam III Siliwangi dan Kapolda Banten Tegaskan TNI/Polri Harus Netral di Pilkada 2020

0
Hari guru IP IRT

SERANG – Jelang bergulirnya Pilkada Serentak di Provinsi Banten pada 9 Desember 2020 mendatang, unsur TNI/Polri diminta untuk menjaga netralitas dengan tidak berupaya mendukung salah satu pasangan calon yang ikut kontestasi politik tersebut.

Diketahui, dari 8 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Banten, ada 4 Kabupaten/Kota yang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah, yakni Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Serang, Kota Cilegon dan Kabupaten Pandeglang.

Mulia

Kapolda Banten, Irjen Pol Fiandar menegaskan, jika semua anggota TNI/Polri harus bisa menjaga netralitas dalam gelaran Pilkada. Sebab menurutnya, hal itu menjadi harapan dari pimpinan di masing-masing institusi baik TNI maupun Polri.

“Saya harapkan TNI/Polri untuk bisa netral sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Karena itu menjadi tugas kita untuk netral,” ucapnya saat memberi sambutan dalam acara pengarahan Pangdam III Siliwangi dan Kapolda Banten kepada seluruh jajaran Korem 064/MY dan Polda Banten di Pilkada Serentak 2020, Jumat (6/11/2020/) di Aula Kodim 0602/Serang.

Untuk itu, ia pun menyampaikan, agar seluruh jajaran TNI/Polri untuk berhati-hati dalam berkomunikasi dengan para pasangan calon yang ikut kontestasi Piliada Serentak 2020. Sehingga, hal itu tidak menjadi persoalan dikemudian hari.

Hari guru dindik

“Karena sedikit saja kita bermain kata dengan mereka (paslon), pasti ketika ada gangguan, mereka akan menuntut kelonggaran. Jadi hati-hati, mudah-mudahan ini tetap busa membuat kita netral,” ujarnya di hadapan para pejabat TNI-Polri se-Provinsi Banten.

Sementara itu, dalam sambutannya, Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto pun mengaku sepakat dengan apa yang sudah disampaikan oleh Kapolda Banten agar seluruh jajaran TNI/Polri harus menjaga netralitas dalam gelaran Pilkada Serentak 2020 di Provinsi Banten.

Selain itu, disampaikan Nugroho, jika pihaknya akan mengerahkan kekuatan penuh untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 diempat Kabupaten/Kota di Provinsi Banten.

“Tidak ada pemetaan, kita netral. Tidak ada pihak yang kita dukung,” tegasnya.

Untuk itu, ia pun meminta agar seluruh jajaran TNI/Polri untuk saling mendukung dan membantu agar setiap persoalan yang ada dilingkungan masyarakat bisa diselesaikan dengan baik.

“Mari kita sama-sama bergandengan tangan, bersama-sama menyelesaikan masalah yang ada di wilayah kita,” tukasnya. (*/YS)

Paud kpu
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien