CCSR Apresiasi PT MCCI Yang Raih Penghargaan Indonesian CSR Award

CILEGON – Corporate Forum for Community Development (CFCD), bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Badan Standarisasi Nasional Indonesia, kembali mengadakan acara penganugerahan Indonesian CSR Award (ICA) 2020 di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat, (06/11/20).

Dari total program yang menerima penghargaan sebanyak 151 program yang diberikan kepada puluhan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, industri, pertambangan, energi, dan masih banyak lagi. Salah satu perusahaan asal kota Cilegon yakni, PT Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI) menerima penghargaan untuk kategori Pelibatan dan Pengembangan Masyarakat.

Ketua Cilegon Corporate Social Responsibility (CCSR) kota Cilegon Huluful Fahmi yang turut diundang, dalam acara penganugerahan ICA 2020 sebagai salah satu perwakilan Forum CSR daerah. Ia juga berkesempatan menerima penganugerahan langsung penghargaan Gold ICA 2020 mewakili MCCI yang hadir secara daring dalam acara tarsebut.

Fahmi mengatakan amat bangga, karena MCCI menjadi satu-satunya perusahaan asal Cilegon yang diberi penghargaan.

“Dan ternyata ada perwakilan perusahaan dari Kota Cilegon yang mendapatkan penghargaan ICA 2020, saya harap semoga ini bisa menjadi spirit dan semangat baru bagi pegiat CSR industri Kota Cilegon. Untuk dapat melaksanakan program-program CSR lebih baik lagi,” kata Fahmi, Sabtu (7/11/2020).

Kartini dprd serang

Fahmi berharap, kedepannya industri Cilegon akan terus mendapat penghargaan baik di tingkat kota, seperti penghargaan CSR Citra Awards dari Walikota Cilegon, maupun Tingkat Nasional. Seperti kegiatan ICA dilakukan setiap tiga tahun sekali, dan kali ini memasuki tahun ke-6.

“Ini kali pertama mengikuti event ini, sejak dia mulai menjabat sebagai ketua CCSR di Cilegon. Beberapa penerima penghargaan lainnya didominasi dari perusahaan asal Kalimantan, Bali, Jawa Timur, dan kota lainnya,” ucapnya.

Fahmi berharap kepada pegiat industri di Cilegon terus mengoptimalkan program CSR dan menganggarkan dana CSR untuk program-program yang pro-rakyat. Mengingat Cilegon sebagai kota industri, sehingga semua pihak terbantu jika program CSR industri ditujukan untuk percepatan pembangunan.

Perlu diketahui, CFCD adalah Forum CSR tingkat Nasional yang diinisiasi dan dibentuk oleh perusahaan-perusahaan sebagai jejaring dalam mengimplementasikan tanggung jawab sosial perusahaan Corporate Social Responsibility (CSR), saat ini CFCD beranggotakan ratusan perusahaan, dan lembaga mitra lainnya.

CSR merujuk pada kewajiban perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar atau bisa dikatakan lebih spesifik kepada para pelaku kepentingan perusahaan, yaitu mereka yang terkena dampak atas kebijakan dan praktik perusahaan. Setiap perusahaan tidak terlepas dari pengaruh lingkungan eksternal, dalam pengelolaan perusahaan. (*/A.Laksono).

Polda