Meski Gagal Naik Podium, Joan Mir Resmi Jadi Juara Dunia MotoGP 2020

SERANG– Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir resmi menjadi juara dunia MotoGP 2020 meski hanya finis di peringkat tujuh pada seri balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia pada hari Minggu (15/11/2020) ini.

Tambahan 9 poin sudah cukup membuat Joan Mir mengunci gelar pertamanya dengan mengoleksi 171 poin. Jumlah yang sudah tidak bisa dikejar oleh pesaingnya meski masih menyisakan 1 seri balapan di Portugal pada 25 November 2020 mendatang.

Kemenangan Joan Mir bukan saja menjadikan pembalap asal Spanyol itu menjadi pembalap pertama tim Suzuki di kelas MotoGP sejak tahun 2000 yang pernah ditorehkan pembalap Amerika Serikat, Kenny Robert Jr di kelas 500cc. Namun hal itu juga menjadi kado hebat bagi Suzuki yang merayakan hari Ulang Tahun yang ke-100 sebagai sebuah pabrikan otomotif asal Jepang.

Dilansir dari crash.net, Pembalap 23 tahun itu mengaku syok dan belum bisa mencerna keberhasilan perdananya sebagai juara dunia pasca masuk ke kelas MotoGP dua tahun silam.

“Tidak menyangka. Saya kehabisan kata-kata. Ini adalah sesuatu yang hanya bisa saya impikan seumur hidup. Saya benar-benar masih dalam kondisi penuh emosi,” ucap Joan Mir kepada wartawan usai dipastikan menjadi juara dunia MotoGP 2020.

Kartini dprd serang

“Saya senang sekali. Inilah hasil ketika anda mengikuti mimpi. Saya masih belum percaya dengan apa yang sedang terjadi,” lanjutnya.

Tak heran, jika seluruh kru dan petinggi Suzuki larut dalam rasa haru saat Mir dipastikan menjadi juara dunia MotoGP musim 2020. Bahkan, sebuah helm emas dan kaos bertuliskan angka 1 sudah disiapkan khusus menyambut kemenangan perdana Joan Mir sebagai juara dunia.

Anda saja, para kompetitor seperti Fabio Quartararo (Petronas Yamaha), Alex Rins (Suzuki Ecsta) atau Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) mampu naik podium pertama hari ini. Lalu Joan Mir tetap di peringkat tujuh, maka balapan terakhir di Portugal akan menjadi penentu.

Namun, ketiga pesaing Joan Mir justru gagal bersinar di Valencia. Quartararo terjatuh dan gagal finis. Alex Rins hanya mampu finis keempat. Sedangkan Vinales justru hanya berada di peringkat 10.

Sementara, untuk podium pertama di seri balapan Valencia diraih Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) yang bertarung sangat keras dan seru dengan Jack Miller (Pramac Ducati) hingga lap terakhir. (*/crash)

Polda