BP2MI Akan Bangun Lounge Khusus Pekerja Migran di Bandara Soetta

0

SERANG– Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) bekerja sama dengan pemerintah pusat akan melaunching lounge khusus bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada tanggal 18 Desember 2020 atau bertepatan dengan Hari Migran Internasional di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Ramdhani mengatakan, jika peresmian lounge bagi para PMI merupakan upaya pihaknya memberikan khusus kepada para PMI yang merupakan pahlawan devisa bagi negara. Sehingga, sangat layak bagi para PMI untuk mendapat perlakuan secara hormat.

Baca juga: Banten Urutan 8 Besar Sumbang Pekerja Migran Ilegal Asal Indonesia

“Tidak boleh lagi ada peristiwa terlantarnya PMI, tidak ada lagi tempat yang mereka gunakan itu tidak layak. Harus layak dan dapat digunakan. Apalagi mereka kerap menjadi korban pemerasan oknum-oknum tertentu di bandara,” kata Benny saat ditemui disela-sela kunjungannya ke Kantor UPT BP2MI Serang, Kamis (19/11/2020).

Dipaparkan Benny, penyediaan lounge khusus para PMI di Bandara Soetta merupakan hal yang pantas. Pasalnya, sumbangan devisa dari para PMI untuk negara disetiap tahunnya bisa mencapai Rp 159,6 triliun.

“Kalau kita bisa memberikan tempat nyaman kepada para pejabat, tentu para pahlawan devisa negara ini lebih layak. Kalau ada pejabat yang bilang kok disamakan? Lah kalau mereka jelas, memberikan pendapatan bagi negara. Sedangkan pejabat ngabisin duit negara,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya pun menyediakan trek khusus bagi para PMI saat di bandara Soetta. Sehingga hal itu bisa lebih memudahkan para PMI untuk mendapatkan pelayanan yang baik saat akan pemberangkatan atau kepulangan nanti.

“Kita berikan juga trek khusus, kalau yang ada itu cuma itu diplomat dan kru pesawat biasanya. Kini kita berikan khusus untuk PMI, biar mereka tidak ngantri, tidak bercampur dengan tamu umum lainnya,” paparnya.

“Setelah di (Bandara) Soetta, kita akan buat juga di bandara-bandara lainnya, bahkan di pelabuhan-pelabuhan,” imbuhnya.

Rencananya pemberian fasilitas lain untuk para PMI akan diberikan dan masih dalam proses pengerjaan. Namun, lounge khusus PMI di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 18 Desember 2020 mendatang. (*/YS)

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi