Momen Hari Pahlawan, Haji Mumu Ziarahi Makam Kakeknya KH Syam’un

0
Hari guru IP IRT

CILEGON – Calon Walikota Cilegon H. Ali Mujahidin beserta keluarga melaksanakan ziarah kubur di Makam Pahlawan Brigjen TNI (Anumerta) KH. Syam’un di Kamasan, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Kamis, (19/11/2020).

Lelaki yang akrab disapa Haji Mumu itu mengatakan kegiatan ziarah sudah rutin dilaksanakan. Apalagi, Brigjen KH. Syam’un adalah kakeknya.

Mulia

“Tiap November diperingati sebagai hari pahlawan, sejak tanggal sepuluh rupanya banyak masyarakat yang datang untuk ziarah. Sekarang giliran saya dan keluarga,” kata Haji Mumu.

KH. Syam’un ditetapkan menjadi pahlawan nasional pada tahun 2018, menjadi kebanggaan bagi masyarakat Banten. Jasanya untuk bangsa dan negara begitu besar.

Hari guru dindik

“Banyak pelajaran yang bisa diambil dari perjuangan KH. Syam’un, tidak hanya sebagai militer pejuang kemerdekaan, tapi juga seorang pendidik dengan mendirikan Pondok Pesantren Al-khairiyah di tahun 1925 dan menjadi Bupati Serang pertama pasca kemerdekaan,” kata Haji Mumu.

Haji Mumu berharap, generasi muda saat ini bisa mencontoh para pahlawan, perjuangan adalah kehidupan untuk membangun dan bermanfaat untuk semua, bukan untuk kepentingan pribadi dan merugikan orang banyak.

“KH. Syam’un memiliki gagasan tentang hubungan ilmu pengetahuan dan masyarakat. Bahwa pendidikan merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi segala persoalan hidup. Gagasan besar yang berlaku sepanjang zaman,” kata Haji Mumu.

Diketahui KH. Syam’un meninggal karena sakit saat bergerilya menghadapi Agresi Militer Belanda II di Kamasan, 28 Februari 1949 (pada umur 54 tahun). KH. Syam’un juga cucu pejuang Geger Cilegon 1988 KH. Wasid. (*/Red)

Paud kpu
Loading...

Tinggalkan pesanan

Email anda tidak akan dipublikasi

WP-Backgrounds Lite by InoPlugs Web Design and Juwelier Schönmann 1010 Wien