Kapolda Banten Telusuri Penyebab Ledakan PT Dover Chemical

Dprd ied

CILEGON – Kapolda Banten Irjen Pol. Fiandar didampingi Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol. Edy Sumardi dan Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono meninjau langsung situasi pasca ledakan Mesin reactor uap di PT. Dover Chemical, Kota Cilegon, Rabu (23/12/2020) .

Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar mengatakan, penyebab ledakan di pabrik yang memproduksi zat formalin tersebut diduga akibat produksi tekanan uap mesin reaktor mengalami over.

“Kami datang kesini untuk pastikan penyebab pasca ledakan Ruang mesin uap reaktor di PT. Dover Chemical, penyebab ledakan di pabrik yang memproduksi zat formalin tersebut diduga akibat disaat produksi tekanan uap mesin reaktor mengalami over. Diduga karena tekanan uap mesin reaktor terlalu over sehingga terjadi ledakan yang mengakibatkan atap bagian produksi rusak, Saat ini Masih dalam tahap penyelidikan dan menunggu hasil dari Forensik Polri,” ungkap Fiandar dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Kamis (24/12/2020).

dprd tangsel

Fiandar menyebut, untuk korban luka saat ini sudah pulang ke rumahnya masing-masing. Dikatakannya, korban hanya mengalami syok lantaran ledakan yang cukup keras.

Diketahui, atas kejadian itu ada dua korban sempat dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

“Korban tidak ada yang luka berat apalagi meninggal hanya luka ringan karena dia syok mungkin, dan tindakan pertama kalau ada kejadian itu kan pasti dibawa ke rumah sakit, ternyata rekomendasi dokter tidak perlu dirawat berarti tidak serius lukanya dan sudah mendapatkan perhatian dari perusahaan,” katanya.

Fiandar menegaskan, agar pihak pengelola PT. Dover Chemical bisa menyelesaikan pasca ledakan mesin reaktor kimia yang mengalami over dan untuk kedepannya bisa melaksanakan proses produksi dengan sesuai SOP dan memperhatikan serta mengecek seperti mesin uap dan sarpras lainnya agar tidak terjadi lagi kejadian trouble ke depannya. (*/Faqih)

Golkat ied