Bupati Pandeglang Minta RAPI Berpartisipasi Dalam Penanggulangan Kebencanaan

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang, Irna Narulita minta Komunitas Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) untuk ikut serta dan berpartisipasi dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Pandeglang.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Pandeglang, saat menggelar Silaturahmi antara Irna Narulita dan Komunitas RAPI, di Gedung Pendopo Bupati Pandeglang, Sabtu (9/1/2021).

“Pandeglang daerahnya rawan akan terjadinya bencana, kami ingin RAPI memiliki peran serta disitu sebagai media informasi kepada masyarakat,” ungkapnya

Meski teknologi komunikasi semakin canggih, tapi kata Irna, terkadang informasi tidak sampai menyeluruh kepada masyarakat lantaran terkendala signal.

“Dengan dukungan RAPI kami harap jika terjadi kebencanaan bisa sampai ketiap peloksok,” ujarnya.

Sementara Ketua RAPI wilayah Pandeglang Asep Rafie mengatakan, konsep awal atau job deskripsi dibentuknya RAPI itu adalah memberikan informasi kemanusiaan dalam kebencanaan.

“Jadi kami sangat siap sekali bersinergi dengan pemerintah daerah,” ujarnya.

“Saat ini kita sudah bekerjasama dengan BPBD Pandeglang dalam mensosialisasikan kepada masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat ini, dikatakan Asep Rafi, kepengurusan RAPI wilayah Pandeglang akan menyelenggarakan Bimbingan Organisasi (BO) untuk para anggota baru.

“Karena kondisi sedang covid, Bupati selaku pembina wilayah RAPI menyarankan kami agar dilaksanakannya dengan cara virtual,” imbuhnya

“Kedepannya RAPI juga akan membentuk pengurus lokal yang ada di tiap kecamatan, sehingga apabila ada informasi bisa cepat diterima dan disampaikan kepada masyarakat,” tuturnya. (*/Gatot)

Royal rakata
Loading...