Vaksinasi Covid-19, Dinkes Kota Serang Siapkan 33 Faskes

SERANG– Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang tengah menyiapkan sejumlah dokter spesialis yang akan masuk kedalam tim Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Serang, Ratu Anita mengatakan, jika pembentukan tim KIPI sebagai bentuk antisipasi dalam penanganan saat ada kejadian pada tenaga kesehatan (nakes) usai dilakukan vaksinasi COVID-19 pada tahap pertama.

“Untuk mengantisipasi dari reaksi vaksin itu sendiri, tentunya kita juga sudah menyiapkan tim khusus untuk penanganannya, namanya adalah Pokja KIPI yaitu akan menangani apabila setelah di vaksin ada reaksi atau efek samping,” ucapnya kepada awak media, Rabu (13/1/2021).

Ia pun menjelaskan, jika secara umum dampak ringan setelah vaksinasi akan terjadi, seperti gejala demam sebagai reaksi dari bekerjanya vaksin dalam tubuh.

Namun menurutnya, jika gejala tersebut terus menerus dialami oleh nakes yang baru divaksinasi, maka tim KIPI yang bertugas langsung menangani secara cepat.

“Memang kalau setelah di imunitasi itu ada reaksi, karena vaksi dalam tubuh bereaksi. Tetapi mudah-mudahan tidak terjadi reaksi yang berlebih, dan nanti kalau proses vaksi sudah dilakukan tentunya orang tersebut boleh beraktifitas seperti biasa,” jelasnya.

Disebutkan Anita, jika sebanyak 3.380 dosis vaksin sinovac yang sudah diterima oleh pihaknya akan mulai disuntikkan kepada para tenaga kesehatan dan perwakilan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan tokoh masyarakat di Kota Serang pada hari Kamis (14/1/2021) mendatang.

Untuk itu, disampaikan Anita, jika pihaknya telah menyiapkan sebanyak 33 fasilitas kesehatan (faskes) untuk pelayanan vaksinasi. Terdiri dari 16 Puskesmas, 9 klinik dan 8 rumah sakit yang ada di Kota Serang baik milik pemerintah maupun milik swasta.

“Ada 33 fasilitas kesehatan yang akan menerima kegiatan imunisasi vaksin ini. Kemudian dari 33 itu terdiri dari 16 PKM, Klinik dan RS yang ada di Kota Serang,” tuturnya.

Selain itu, diungkapkan Anita, jika pihaknya akan menempatkan tiga vaksinator yang akan melakukan penyuntikkan vaksin sinovac kepada para tenaga kesehatan di Kota Serang.

“Kalau vaksinator (total) ada 99 orang. itu ada 3 didalam ruangan itu (faskes), tentunya vaksinator ini dari Kota Serang,” tukasnya. (*/YS)

Royal rakata
Loading...