Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional; Anyer Kawasan Pariwisata Bukan Tempat Sampah

2 indocement

SERANG – Para pemuda dan organisasi yang tergabung dalam Gerakan Anyer Higienis memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HSPN). Minggu, (21/2/2021). Dengan mengangkat tema “Anyer Tempat Wisata Bukan Tempat Sampah”. Tanggal ini diperingati sebagai momentum peringatan peristiwa Leuwigajah, Ciamis, Jawa barat. Meledaknya gas metana yang diakibatkan oleh banjir yang menggenang tempat pembuangan akhir sampah leuwigajah yang telah merenggut ratusan jiwa.

Organisasi dan unsur pemerintah yang tergabung dalam gerakan ini yaitu, Anyer Lor Corporation (ALC), SAPMA PP Kabupaten Serang, SAPMA PP Pelajar Gabungan Anyer, Youtuber Anyer, Karang Taruna Desa Anyar, Karang Taruna Desa Grogol Indah, Karang Taruna Desa Mekarsari, Karang Taruna Desa Cikoneng, Kepemudaan Inda Ratu, Kepemudaan Aduder Babinsa Koramil Anyer, Babinkambitibmas, Serta dihadiri oleh 2 orang perwakilan Anggota Dewan Kabupaten Serang. H. Riki Suhendra dari fraksi Demokrat Dan H. Suja’i SH MM dari fraksi Gerindra. Yang didukung oleh Forum Industri Kepuh dan Gunung Sugih (FIKS) yang terdiri dari 7 Perusahaan. Kegiatan ini juga didukung langsung oleh berbagai perusahaan. Asahimas Chemical ( ASC ). Chandra Asri, NSI, Dongjiin, Loc, Indorama, Sankyu.

3 knpi
4 sgi

Gerakan ini bertujuan untuk meminimalisir dampak yang di timbulkan oleh sampah itu sendiri. Kegiatan ini diisi dengan bakti sosial bersih-bersih titik-titik sampah serta edukasi tentang sampah kepada masyarakat Anyer.

Gerakan bersih-bersih sampah sendiri dilakukan dibeberapa titik disepanjang jalur wisata Anyer. Seperti Tugu selamat datang Anyer, Kampung pegadungan, Kampung salatuhur, dan jalur protokol pariwisata Kecamatan Anyer.

citra

Gerakan ini diharapkan mampu menjadi gerakan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat dan pemerintahaan setempat untuk semakin peduli terhadap kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menyediakan tempat sampah terpadu sementara sebagai solusi.

“Gerakan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat anyer khususnya. Agar lebih peduli terhadap lingkungan. Juga mengingatkan kepada pemerintah setempat untuk bersama-sama bahu-membahu mengatasi persoalan sampah ini,” ungkap Hari Sebagai Korlap Kegiatan HPSN. (*/Abidin)

KDL KBS
IRT