Bupati Pandeglang Nilai Peran DMI Strategis Dalam Kesejahteraan Umat

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, Dewan Masjid Indonesia (DMI) memiliki peran strategis dalam meningkatkan kesejahteraan umat Islam di daerahnya. Untuk itu, Irna berharap, Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD-DMI) Kabupaten Pandeglang dapat bersinergi dengan pihaknya. Hal tersebut dikatakan Irna saat memberikan arahan pada pembinaan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan persiapan pembentukan 35 Pimpinan Cabang DMI se-Kabupaten Pandeglang, Selasa (23/2/20121).

Irna juga berharap, PD-DMI Kabupaten Pandeglang, dapat memberikan pembinaan terhadap para pengurus DKM dan memiliki gagasan-gagasan yang produktif untuk meningkatkan kesejahteraan umat. Sehingga masjid di Kabupaten Pandeglang, bukan hanya dijadikan tempat ibadah ritual keagamaan tetapi juga dapat dijadikan berbagai kegiatan positif, seperti pendidikan, ekonomi hingga pembinaan para korban narkoba.

“Saya berharap, ke depan di Pandeglang ada 10 masjid cantik yang dapat dijadikan objek wisata religi,” harapnya.

Ketua PD-DMI Kabupaten Pandeglang, Abdul Ghaffar Alhatiri menjelaskan, apa yang disampaikan Bupati Pandeglang, sudah masuk dalam program kerja PD-DMI Kabupaten Pandeglang periode 2020 – 2025. Untuk itu, DMI Kabupaten Pandeglang akan lebih meningkatkan komunikasi dengan pihak Pemkab Pandeglang agar program pihaknya dapat diselaraskan dengan program pemerintah daerah.

“Salah satu program yang mendesak untuk dilaksanakan juga, adalah inventarisasi masjid dan mushola, sehingga diketahui kondisi fisiknya. Dengan data ini, pemerintah daerah, tidak akan kesulitan dalam menentukan skala prioritas dalam pemberian bantuan,” paparnya.

Ditambahkan Ghoffar, hal lain yang menjadi perhatian pihaknya, adalah legalitas lahan dan bangunan masjid dan mushola, yakni sertipikat lahan dan izin mendirikan bangunan (IMB)-nya. Sehingga ke depan, tidak ada lagi DKM yang berpolemik dengan pihak-pihak yang masih merasa memiliki lahan dan bangunan yang dijadikan masjid atau mushola. (*/Red)

Honda