www.faktabanten.co.id
Suara Merdeka Rakyat Banten

BMKG: Prakiraan Awal Musim Hujan Serang-Cilegon di Dasarian II Desember

0
HUT Serang__Yadi__Eko

SERANG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Serang merilis peralihan musim hujan di zona 58 yang meliputi Kota Serang, Kabupaten Serang serta Kota Cilegon akan terjadi pada dasarian II Desember.

Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang, Tarjono menyebutkan, puncak musim kemarau telah lewat pada September dan masuk peralihan ke musim penghujan. Peralihan musim ini, perlu diwaspadai terjadinya potensi angin puting beliung.

Sedangkan untuk zona 55 dan zona 63 yang meliputi wilayah Lebak bagian Selatan dan Pandeglang bagian selatan akan mulai pada dasarian Desember III. Kendati demikian, pihaknya menyebutkan pada bulan Oktober sampai dengan Desember pada wilayah tersebut akan terjadi hujan, namun, hujan yang dihasilkan tidak terlalu besar.

“Tapi Oktober sampai Desember bukan berarti tidak ada hujan sama sekali, ada hujan, tapi ringan,” ucap Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang, Tarjono saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (10/10/2019).

Dipaparkan Tarjono, secara umum hujan pada Oktober masih di bawah normal. Jika pun ada hujan besar, sifatnya lokal dan Intensitas hujan tidak berlangsung lama.

Menurutnya, intensitas hujan yang tidak terlalu lama tersebut karena bulan ini merupakan awal dari peralihan musim.

“Nah di prakiraan bulan Oktober curah hujannya hanya 21 sampai 25 mililiter, artinya masih di bawah normal yang berada pada kisaran 132 sampai 178 mililiter,” tutupnya. (*/Ocit)

Dapatkan notifikasi lansung ke perangkat Anda, Klik Aktifkan

Advert

error: www.faktabanten.co.id