Hari Kesaktian Pancasila, Ketua SAPMA Cilegon Harap Pancasila Bisa Membumi

 

CILEGON – Hari kesaktian Pancasila adalah momentum yang sangat penting bagi Indonesia. Gerakan 30 September 1965 dinilai sebagai hari dimana Pancasila memiliki kesaktian tak tergantikan oleh paham apapun. Oleh sebab itu, Pancasila tidak bisa dirusak ataupun diubah oleh PKI pada waktu itu.

Terbukti dengan beberapa gempuran, Pancasila tetap tegak berdiri dan menjadi penyejuk di semua golongan.

Yovi Maulana Kepala Bidang Ideologi dan Politik SAPMA PP Cilegon menerangkan bahwa pancasila merupakan ideologi yang luhur dan mengandung butir butir yang bernilai.

Yovi juga menjelaskan Pancasila bisa jadi hanya sebatas ideologi belaka apabila nilai-nilai yang terkandung di dalamnya tidak diimplementasikan.

MTQ Pemkot

“Di dalam Pancasila, banyak sekali nilai-nilai yang sangat penting. Namun bisa jadi Pancasila hari ini bisa hilang kesaktiannya apabila nilai yang terkandung hanya sebatas nilai, idelogi hanya sebatas ideologi tanpa mengimplementasikan nilai nilai tersebut,” ucapnya kepada media, Sabtu (1/10/2022).

Sementara itu Ketua SAPMA Pemuda Pancasila kota Cilegon, Aan F.J berharap Pancasila bisa membumi dan jadi pegangan hidup dalam bernegara.

“Pancasila itu ada di setiap tarikan nafas anak bangsa Indonesia, baik yang ada di lorong-lorong kota, di lereng-lereng gunung dan di desa-desa,” ujarnya.

“Ditinggikan dalam kata, diagungkan dalam tulisan, dimuliakan dalam percakapan dan dikhianati oleh perbuatan itulah Pancasila hari ini,” pungkasnya.

“Saya berharap untuk sama sama menjaga nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk satu tujuan yaitu menangkan Pancasila,” tutupnya. (*/Fachrul)

Adam