Mahasiswa STIE Al-Khairiyah Diarahkan Jadi Enterpreneur

CILEGON – Menumbuhkan jiwa wirausaha harus ditumbuhkan sejak dini, terutama kalangan mahasiswa untuk merubah paradigma lulus mencari kerja yang selama membuat pengangguran semakin tinggi terutama di Provinsi Banten yang memiliki jumlah penganggur tertinggi ke 2 di Indonesia.

Tren muda berwirausaha juga mulai ditularkan ke kalangan mahasiswa Manajeman Sekolah Tinggi Ekonomi (STIE) Al-Khairiyah Cilegon.

Salah satu upayanya dengan diselenggarakannya seminar nasional wirausaha di Gedung Serba Guna (GSG) Al-Khairiyah Citangkil, pada Sabtu (14/7/2018).

Ketua Pelaksana Kegiatan, Ade Setiadi menjelaskan, pihaknya ingin membangun kesadaran yang lebih kepada anak muda untuk berwirausaha.

“Ini seminar nasional pertama yang diselenggarakan oleh mahasiswa Manajeman STIE Al-Khairiyah sehingga kita mengambil tema: Membangun jiwa wirausaha, kreatif dan inovatif menuju generasi mandiri,” jelasnya kepada faktabanten.co.id.

Menularkan jiwa enterpreneur panitia mendatangkan Suherman Soemardi, dari blibli.com; Wendi Nurwendi, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Banten; dan Abah Arjawi, owner Pecak Bandeng Sawah Luhur.

Senada Ketua Program Studi STIE Al-Khairiyah Udoh Mafudoh sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Pihaknya akan terus mendorong anak muda kampus untuk menjadi pengusaha muda.

“Kita sangat mengapresiasi dan terus mendorong Mahasiswa banyak yang menjadi pengusaha muda, dan semoga para peserta ini ada yang menjadi pengusaha muda Cilegon,” katanya.

Suherman Soemardi mengatakan bahwa blibli.com anak bangsa harus jadi pelopor seperti pihaknya yang mengelola perusahan tersebut tanpa campur tangan lain murni anak bangsa, “anak bangsa harus jadi pelopor seperti yang dilakukan oleh blibli.com,” ujarnya.

Sementara itu Wendi dari Dinas UMKM Banten mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya terciptanya iklim pengusaha muda di Banten, “akan kita upayakan tercipta iklim wirausaha di Banten,” katanya.

Owner pecak bandeng yang juga Lulusan Akademi Al-Khairiyah yang biasa disapa Abah Arjawi ini mengatakan terus memotivasi anak muda berwirausaha, “Jangan pesimis kalau jadi pengusaha, karena rejeki orang itu tidak akan tertukar,” tegasnya. (*/Doa-Emak)