www.faktabanten.co.id
Suara Merdeka Rakyat Banten
Maulid Nabi__Helldy_Mumu

HA IPB Banten dan SMK As-Saida Gelar Donor Darah

0

TANGERANG – Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) DPD Provinsi Banten, bersama SMK As-Saida Tangerang School di bawah yayasan pendidikan Karya Tangerang, menggelar kegiatan sosial berupa donor darah yang bertajuk “Setetes Darah Anda Sangat Berarti Bagi Kehidupan” di Lab Keperawatan SMK As-Saida Gang Kosambi, RT 001 RW 005 Poris Plawat Utara Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang. Sabtu (12/10/2019).

Selain donor darah, kegiatan ini juga sekaligus menggelar bazar produk dari Alumni IPB dan produk siswa-siswi SMK As-saida, serta penampilan kreativitas seni siswa siswi SMK As-Saida Tangerang School.

Ketua panitia donor darah Ikatan Alumni IPB Provinsi Banten Aziz Meiaro mengungkapkan, aksi donor darah dilakukan sebagai aksi sosial serentak dalam rangka dies natalis IPB yang telah dilaksanakan di 23 titik, terhitung dari bulan September hingga Oktober 2019. Selain itu acara ini pun dilaksanakan sebagai ajang silahturahmi Himpunan Alumni IPB dan menyambut HUT Banten yang ke-19.

“Kami berharap dengan adanya donor darah yang kami himpun ini bisa membantu PMI dalam memenuhi ketersediaan darah yang akan kembali digunakan bagi masyarakat yang membutuhkan di Provinsi Banten khususnya,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum DPD Himpunan Alumni IPB Provinsi Banten, H. Asep Mulya Hidayat menuturkan, aksi sosial donor darah tersebut merupakan salah satu agenda nasional Alumni IPB yang serentak dilakukan semua alumni IPB di seluruh Indonesia. Dalam kesempatan ini, Asep terus memotivasi para siswa untuk terus mengembangkan potensi yang dimiliki.

“Kita harus mampu mengembangkan kreativitas hingga ke mancanegara, dan terus memberikan yang terbaik untuk negara khususnya provinsi Banten,” ujarnya.

Dalam sambutannya Asep memberikan doorprize berupa tumbler atau botol minum produk Alumni IPB Kepada tiga siswi SMK As-Saida Tangerang School, sembari memberikan pengetahuan bahwa tujuan alumni memproduksi tumbler adalah selaras dengan pogram go green untuk mengurangi sampah plastik.

Ketua Yayasan Pendidikan Karya Erit Fitry dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada HA IPB atas kerjasama dalam kegiatan ini dan semoga dapat berlanjut dalam program beasiswa kedepannya.

Selain itu sebagai tenaga medis, beliau menyampaikan informasi kepada para peserta dan siswa-siswi SMK As-Saida tentang manfaat donor darah.

“Dengan donor darah, dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan resiko kanker, membantu menurunkan berat badan,tapi diingatkan pula bahwa donor darah tidak dapat dijadikan sebagai program penurunan berat badan, mendeteksi penyakit serius dan membuat lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia,” terangnya.

Perlu diketahui, donor darah yang digelar sejak pukul 08.00 WIB – 13.00 WIB itu, diikuti oleh Alumni IPB Provinsi Banten, masyarakat, Dewan guru, juga sebagian Siswa-siswi SMK AS-Saida dan alumninya dengan jumlah peserta sebanyak 70 orang.

Adapun pendonor yang ditolak sebanyak 24 orang, lantaran dengan bermacam alasan, mulai dari tekanan darah tinggi, hemoglobin yang kurang, kurang berat badan, sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu atau tidur yang tidap cukup dan masih ada beberapa alasan lain. Dan kegiatan ini berhasil mengumpulkan sebanyak 46 kantong darah dan telah mencapai target awal panitia. (*/Qih)

KNPI__hari pahlawan

Dapatkan notifikasi lansung ke perangkat Anda, Klik Aktifkan

error: www.faktabanten.co.id