www.faktabanten.co.id
Suara Merdeka Rakyat Banten

Harga Karet di Lebak Rendah, Petani Merugi

0

LEBAK – Sejumlah petani karet di Kabupaten Lebak mengeluhkan nilai harga jual getah karet. Pasalnya, harga getah karet saat ini di bawah harga rata-rata.

Menurut Jamaludin, warga asal Kampung Buyut, Desa Kujangsari, Kecamatan Cileles menerangkan, nilai harga jual getah karet di daerah Lebak saat ini lebih rendah dan merugikan para petani.

“Untuk harga pasaran, saat ini nilai jual getah karet dalam perkilo sekitar Rp 6500/Kg dibanding harga sebelumnya berkisar Rp 7500 per/kg, dan itu cukup lumayan merugikan para petani karet,” ucap Jamaludin. Sabtu (16/11/2019).

Menurutnya, sejak beberapa bulan terakhir nilai jual getah karet ke pihak pengepul mengalami penurunan harga Rp 1000 per Kg, sehingga membuat sejumlah petani mengeluh karena penghasilan yang diperoleh dari menyadap tidak mencukupi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kami hanya bisa pasrah dan berharap pemerintah dapat menaikkan harga karet,” katanya.

Sementara itu, Eki, pengepul getah karet mengatakan, turunnya harga getah karet sudah terjadi sebulan terakhir ini.

“Dampak dari turunnya harga getah karet ini sangat terasa. Bila harga getah karet mahal banyak petani yang menjual getah karetnya, biasa terkumpul dari petani 5 ton getah karet, tapi semenjak getah karet kembali anjlok paling banyak 3 ton. Turunnya penjualan getah karet ini akibat dari harga yang mulai anjlok ditambah kondisi kemarau sehingga getah tidak keluar,” bebernya.

Loading...

Eki pun berharap kepada pemerintah Pusat agar bisa menstabilkan nilai harga jual getah karet agar sebanding dengan kebutuhan bahan sembako.

“Kalau harga getah karet stabil otomatis para petani pun sejahtera,” pungkasnya. (*/Sandi)

BPKAD

Dapatkan notifikasi lansung ke perangkat Anda, Klik Aktifkan

Loading...

error: www.faktabanten.co.id