www.faktabanten.co.id
Suara Merdeka Rakyat Banten
Maulid Nabi__Helldy_Mumu

Hari Pahlawan, Warga Lebak Menggelar Lomba Rakit di Sungai Cimandur

0
Kapolres__LM_Dynasty_Lapbas

LEBAK – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2019, warga Desa Suwakan, Kecamatan Bayah, mengadakan festival rakit di Sungai Cimandur, Jumat (8/11).

Festival rakit yang digelar di Sungai Cimandur tersebut diikuti oleh hampir semua warga Suwakan dan diiringi lantunan kesenian tradisional kendang penca, sehingga menambah ramainya festival.

Salah satu peserta, Sri Mulyanah mengatakan, kegiatan festival rakit merupakan salah satu bentuk dalam mengenang para pejuang yang telah gugur pada masa penjajahan.

“Ajang ini sebagai hiburan, dan kami pun tidak melihat hadiah yang diberikan oleh panitia, tapi hanya untuk memeriahkan Hari Pahlawan,” ucap Sri.

Di tempat yang sama, Dadi panitia festival menjelaskan, bahwa event ini merupakan event tahunan.

“Kita menggelar festival ini untuk memperingati Hari Pahlawan, dan dilaksanakan setiap tahun,” katanya.

Kapolres__Masigit_Sukmajaya

Menurut Dadi, ada sekitar 21 tim baik laki-laki maupun perempuan yang ikut memeriahkan festival ini.

“Sudah empat tahun berturut-turut kami menyelenggarakan event ini, dan antusias warga sangat bagus untuk mengikuti ajang festival rakit ini,” ungkap Dadi.

Sementara itu, Kepala Desa Suwakan Edi Rapiudin sangat senang dan bangga dengan digelarnya festival rakit tersebut, selain sebagai mengenang para pahlawan, ajang ini pun dianggapnya sebagai promosi wisata air yang kedepannya akan dikembangkan oleh Pemerintahan Desa Suwakan.

“Aliran Sungai Cimadur yang membentang dari Citorek Kecamatan Cibeber dan bermuara di Kecamatan Bayah ini merupakan destinasi wisata yang cukup berpotensi untuk dikembangkan,” ucapnya.

Menurut Edi, secara nasional kita mengenal Surabaya sebagai kota pahlawan, dan secara lokal Suwakan adalah kampung pahlawan.

“Mari kita mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan,” pungkasnya. (*/Sandi)

KNPI__hari pahlawan

Dapatkan notifikasi lansung ke perangkat Anda, Klik Aktifkan

error: www.faktabanten.co.id