Crane Ambruk di Proyek Konstruksi PT MFI Cilegon, Disnaker Harusnya Lakukan Pemeriksaan

CILEGON – Beredar video jatuhnya crane di lokasi proyek konstruksi PT MC PET Film Indonesia (MFI), anak usaha Mitsubushi Chemical Corporation (MCC) yang tengah membangun fasilitas pabrik baru. Hal itu juga dibenarkan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon.

Salah satu warga yang enggan disebutkan namanya membenarkan bahwa lokasi tersebut berada di PT MC Pet Film Indonesia, yang berada di Kelurahan Gerem, Grogol, Kota Cilegon.
“Iya di konstruksi yang dikerjakan oleh PT Taisei Pulauintan kemungkinan hari Minggu,” jelasnya, Selasa (2/3/2020).

Pejabat Disnaker Kota Cilegon bernama Zarwan membenarkan hal tersebut, dan untuk keterangan lebih jelasnya, ia mengarahkan ke Disnaker Provinsi Banten.
“Ada di Provinsi untuk kewenangannya,” tuturnya, melalui sambungan telepon.

Atas kecelakaan yang terjadi tersebut, Disnaker selayaknya segera melakukan pemeriksaan, apakah ada SOP yang dilanggar baik oleh operator alat berat itu, maupun oleh manajemen proyek tersebut.

Sementara hingga berita ini terbit, pihak kontraktor PT. Taisei Pulauintan bernama Ridwan, dan Disnaker Provinsi Banten belum memberikan keterangan.

Dikutip dari CNBC Indonesia, proyek ini nilai investasinya mencapai US$130 juta atau sekitar Rp1,8 triliun yang ditargetkan selesai 2021. MFI memutuskan untuk membangun fasilitas baru dengan skala 25.0000 ton per tahun. (*/A.Laksono)

Demokrat
Royal Juli