www.faktabanten.co.id
Suara Merdeka Rakyat Banten
HAK_Helldy_Al-Khairiyah

Kurangi Limbah, Chandra Asri Dukung Penerapan Aspal Plastik di Cilegon

0

CILEGON – Sebagai bentuk upaya dalam pengelolaan sampah plastik, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon meresmikan proyek jalan aspal dengan campuran sampah kantong plastik sepanjang 19 kilometer di Cilegon.

Dalam penggarapan jalan aspal plastik yang tersebar di 34 titik ini, Chandra Asri memberikan dukungannya kepada Pemkot Cilegon melalui penyediaan 16.5 ton kantong plastik bekas atau sebesar 5-6%, dengan tipe High Density Polyethylene (HDPE) untuk campuran bahan aspal.

“Sejalan dengan tekad kami untuk menjadi partner pertumbuhan yang dapat diandalkan, kami bangga dapat terlibat dalam proyek pembangunan infrastruktur daerah bersama Pemkot Cilegon untuk implementasi jalan aspal dengan campuran sampah plastik,” papar Suhat Miyarso, VP Corporate Relations Chandra Asri.

Berdasarkan hasil penelitian Kemeterian PUPR, selain menjadi salah satu solusi dalam pengelolaan sampah plastik, campuran plastik pada aspal juga dapat meningkatkan stabilitas jalan hingga 40% lebih kuat dibandingkan dengan aspal pada umumnya.

HAK_Dede

“Kolaborasi ini adalah wujud sinergi yang baik antara pemerintah daerah dan private sector dalam mencari solusi yang tepat dan dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan sampah plastik, serta guna bersama-sama menciptakan dampak yang positif untuk Kota Cilegon,” lanjut Suhat.

Sementara itu, Wakil Walikota Cilegon Ratu Ati Marliati mengapresiasi PT Chandra Asri Petrochemical yang turut serta dalam pembangunan Kota Cilegon, terutama dalam pembangunan infrastruktur dengan mendaur ulang sampah plastik yang tidak berguna menjadi bernilai manfaat, yakni menjadi aspal.

“Apresiasi kepada PT Chandra Asri yang turut serta dalam pembangunan dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi bahan yang bernilai manfaat menjadi aspal, harapan saya sinergitas ini terus dilakukan demi kemajuan masyarakat Kota Cilegon,” katanya.

Diketahui, pada 2018 Chandra Asri telah lebih dulu menerapkan aspal plastik di kompleks petrokimianya di Cilegon, Banten. Dukungan terhadap program aspal plastik juga ditunjukkan Chandra Asri melalui Asosiasi Industri Olefin, Aromatik, dan Plastik Indonesia (INAPLAS) yang baru saja menandatangani MoU kerja sama implementasi aspal plastik seluas 1.580 meter persegi dengan Pemerintah Kota Tegal pada 5 November 2019. (*/Red)

Loading...

Dapatkan notifikasi lansung ke perangkat Anda, Klik Aktifkan

Loading...

error: www.faktabanten.co.id