www.faktabanten.co.id
Suara Merdeka Rakyat Banten
Maulid Nabi__Helldy_Mumu

Maulid Nabi, Warga Priuk Lantunkan Dzikir dan Iring-iringan Panjang Maulid

0

CILEGON – Warga Link. Priuk, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Cilegon memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan rangkaian dzikir maulid hingga iring-iringan panjang maulid. Sabtu (9/11/2019).

Dalam dzikir maulid yang berlangsung dari pagi hingga siang hari tersebut, warga Priuk mengundang kelompok dzikir maulid dari Kampung Kepuh, Desa Tonjong, Kecamatan Kramatwatu, Kota Serang yang melantunkan syair-syair Shalawat Nabi yang sebagian besar dikutip dari Kitab Barjanzi.

Setelah dzikir maulid selesai, kemudian dilanjutkan dengan iring-iringan beraneka ragam hiasan panjang maulid yang dibuat warga Priuk untuk dibawa sertakan kepada para pedzikir ke Serang.

Dalam tradisi keagamaan momentum kelahiran Baginda Nabi Muhammad SAW ini, warga tampak begitu antusias dan bergembira menyambut dan merayakannya secara rutin setiap tahun dengan swadaya. Mulai dari membuat kreasi panjang maulid hingga mengantarkannya ke tempat para pedzikir dengan iringan musik qasidah dan kendang.

“Tradisi panjang maulid ini sudah turun temurun sejak era kesultanan Banten yang masih kita jaga dan lestarikan. Kita maknai ini sebagai ungkapan kegembiraan kita umat Islam dengan hari agung lahirnya Kanjeng Nabi Muhammad SAW,” kata salah satu panitia Maulid Nabi, Amin kepada faktabanten.co.id di sela acara.

Pihaknya juga berharap, tradisi panjang maulid ini terus dijaga untuk memupuk kecintaan umat Islam kepada junjungan Nabi Muhammad SAW yang diutus dan membawa risalah dari Allah SWT.

“Harapan kami hingga kapan pun panjang maulid ini terus eksis dan diselenggarakan setiap tahun. Semoga syafaat Kanjeng Nabi juga menaungi warga Kampung Priuk ini,” tandasnya. (*/Ilung)

KNPI__hari pahlawan

Dapatkan notifikasi lansung ke perangkat Anda, Klik Aktifkan

error: www.faktabanten.co.id