www.faktabanten.co.id
Suara Merdeka Rakyat Banten
HAK_Helldy_Al-Khairiyah

Peringati HDI, LAZ Harfa Komitmen Bantu Penyandang Disabilitas Dhuafa

0

PANDEGLANG – Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2019, Harapan Dhuafa (Harfa) berkomitmen untuk membantu mewujudkan harapan para penyandang disabilitas dhuafa.

Seperti halnya Amat, penyandang disabilitas yang mampu menembus segala keterbatasan dirinya dengan terus berkarya. Amat (30) tinggal di Desa Parigi, Kabupaten Pandeglang.

5 tahun yang lalu, Harapan Dhuafa menemukan Amat sebagai pemuda yang murung, selalu mengunci diri di rumah, tidak banyak bicara bahkan dengan kedua orang tuanya. Untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti mandi, makan, minum, berganti pakaian, serta aktivitas lain-lain semuanya masih dibantu oleh kedua orangtuanya.

Di tengah keterpurukan ekonomi dan keterbatasan fisiknya, Amat hampir tidak memiliki keinginan untuk keluar rumah dan bergaul dengan orang-orang di sekitarnya. Dengan kondisi itu, LAZ Harfa pun memberikan pemahaman kepada orangtuanya agar dapat memberikan kesempatan kepada Amat untuk bisa melakukan aktivitas sehari-harinya secara mandiri. Amat juga diberi motivasi agar mau bersosialisasi keluar rumah.

HAK_Dede

Melalui bantuan dari relawan konsultan program untuk disabilitas Harapan Dhuafa Dokter Achmad Chubaesi, kini perilaku Amat perlahan mulai berubah, ia sudah mau bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Bahkan, tidak hanya sudah bisa melakukan aktivitas sehari-hari, Amat pun mampu membuat tusukan bakso untuk dijual kepada para pedagang sekitar, memelihara ayam kampung, dan kegiatan ekonomi lainnya yang bisa dilakukan di desa. Selain itu, Harapan Dhuafa juga memberikan bantuan kursi roda yang membuat ia dan keluarganya bersuka cita dan bersyukur.

Dengan berbagai hal yang telah dicapai Amat. Ia telah menjadi pahlawan untuk dirinya sendiri yang mampu melewati segala keterbatasannya menjadi insan yang berhasil, tidak kalah dengan mereka yang berfisik sempurna.

Dan, sekali lagi Amat juga telah menjadi pahlawan untuk kita, membuka jalan peluang bagi kita untuk merasakan kebahagiaan dalam berbagi, kegembiraan menyaksikan Amat menembus batas tertinggi atas segala harapan-harapan dalam hidupnya. (*/Qih)

Loading...

Dapatkan notifikasi lansung ke perangkat Anda, Klik Aktifkan

Loading...

error: www.faktabanten.co.id