www.faktabanten.co.id
Suara Merdeka Rakyat Banten

Peringati HSN, BPS Banten Bahas Tabel Input Output

0
HUT Serang__Yadi__Eko

SERANG – Dalam rangka kesiapan Banten menyongsong era ekonomi digital, Badan Pusat Statistik Banten (BPS) Banten menggelar seminar. Seminar tersebut merupakan rangkaian dari Hari Statistik Nasional (HSN) yang ditetapkan pada 26 September lalu.

Selain mengusung tema “Kesiapan Banten dalam Menyongsong Era Ekonomi Digital”, BPS juga membahas penyusunan neraca produksi tabel Input Output BPS Provinsi Banten.

Kepala BPS Banten Adhi Wirana mengatakan, penyusunan tabel Input Output juga merupakan permintaan dari stakeholder yang semakin meningkat, sehingga dipandang perlu dibuatnya alat analisis untuk menggambarkan keterkaitan antar sektor, maka disusunlah tabel Input Output.

“Sesuai dengan salah satu prioritas nasional 2019, dengan maksud ingin mengetahui keterkaitan antar sektor,” katanya saat memberikan materi di salah satu Hotel yang ada di Kota Serang. Rabu, (9/10/2019).

Di tempat yang sama, dalam laporannya sebagai Ketua Panitia, Darusman mengatakan, saat ini BPS Banten sedang melakukan proses penyusunan tabel Input Output.

“Saat ini BPS Banten sedang melakukan pengolahan data untuk penyusunan tabel Input Output,” ucapnya.

Adapun kegunaan Tabel Input Output yaitu untuk melihat komposisi penyediaan dan penggunaan barang dan jasa. Kemudian juga untuk mengetahui sektor-sektor yang pengaruhnya paling dominan terhadap pertumbuhan ekonomi dan sektor-sektor yang peduli terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain itu, tabel Input Output berguna untuk memperkirakan dampak permintaan akhir terhadap Output, nilai tambah, impor, penerimaan pajak, dan penyerapan tenaga kerja di berbagai sektor.

Tabel Input Output sangat berguna dan bermanfaat untuk bisa menjelaskan fenomena-fenomena tersebut. Bisa dipakai sebagai penyusunan perencanaan satu Wilayah.

Perlu diketahui, seminar tersebut dihadiri oleh Kepala Bappeda Provinsi Banten, perwakilan dari Bappeda Kabupaten Kota se-Banten, delegasi dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, OJK Banten, Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan Banten, Kanwil Dirjen Perbendaharana Negara Provinsi Banten, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, OPD Provinsi Banten lainya, Kepala BPS Kabupaten Kota se-Provinsi Banten dan media. (*/Qih)

Dapatkan notifikasi lansung ke perangkat Anda, Klik Aktifkan

Advert

error: www.faktabanten.co.id