379 Calon Panwascam Se Kabupaten Serang Ikuti Tes Tulis, Hasilnya Diumumkan Besok

SERANG – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Serang menggelar seleksi dalam tahapan tes tulis penerimaan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Serang di Gedung Catur, Kabupaten Serang, Kamis (9/11/2017) pagi.

Tes tulis tersebut diikuti oleh 379 orang calon Panwascam yang sebelumnya sudah lolos seleksi administrasi. Dalam tes tersebut, ada 100 soal tentang pengetahuan Pemilu yang dibebankan kepada peserta dalam bentuk pilihan ganda.

Kepala Divisi Administrasi dan SDM Sarwili Ibrahim mengatakan, bahwa seleksi penerimaan Panwascam tersebut terdiri dari beberapa tahap. Pertama yaitu seleksi administrasi, kedua tes tulis, dan terakhir tes wawancara.

Hasil tes tulis ini akan diumumkan langsung pada Jumat (10/11/2017) besok.

“Tes ini ada tiga tahap, administrasi, tulis, dan wawancara. Semuanya akan kita lakukan dengan cepat. Agar tanggal 14 November nanti Panwascam bisa langsung bekerja,” kata Sarwili.

Dalam tes tulis kali ini, hanya dipilih 6 orang yang meraih nilai tertinggi dari masing-masing Kecamatan yang akan lolos ke tahap selanjutnya. Dan selanjutnya akan disaring kembali menjadi 3 orang di setiap kecamatan.

“6 orang nilai tertinggi yang akan lolos ke tahap selanjutnya. Nah, nanti setelah kami wawancara hanya 3 orang yang diterima sebagai Panwascam,” lanjut Sarwili.

Proses seleksi tulis calon Panwascam Kabupaten Serang di Gedung Catur, Ciruas, Kamis (9/11/2017) pagi / Dok

Sementara terkait kuota 30% perempuan sesuai amanat Undang-undang Pemilu, Sarwili juga mengaku akan menjadikan hal tersebut sebagai pertimbangan dalam pelaksanaan seleksi.

“Ya insya Allah, akan kami penuhi. Namun jika kapasitasnya terlalu jauh di bawah, kami juga tidak mau ambil resiko,” tegas Sarwili.

Sementara pantauan Fakta Banten, usai pelaksanaan tes tulis, Panwaslu Kabupaten Serang langsung membakar semua soal-soal yang pada pagi tadi dijadikan alat menguji kemampuan pengetahuan pemilu peserta seleksi Panwascam.

Pembakaran semua soal langsung dipimpin oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Serang, Ulumudin, dan Ketua Pokja Seleksi Panwascam, Sarwili Ibrahim. (*/Angga)

 

Demokrat
Royal Juli