Diduga Terpapar Corona, 2 Pengawal Pribadi Calon Walikota Cilegon Akan Diganti?


CILEGON – Beredar informasi bahwa ada dua orang anggota Kepolisian yang ditugaskan menjadi pengawal pribadi (Walpri) salah satu calon Walikota Cilegon akan dilakukan pergantian.

Dari informasi yang dihimpun Fakta Banten dari berbagai sumber, pergantian kedua Walpri calon Walikota Cilegon tersebut disebabkan kesehatan yang menurun. Dikabarkan keduanya diduga terpapar Covid-19.

Paur Humas Polres Cilegon Iptu Sigit Dharmawan ketika dikonfirmasi, tidak berani membenarkan informasi tersebut.

“Belum tahu kang, soalnya saat ini saya sedang bertugas di Puloampel, setahu saya jika ada pergantian harus ada surat perintah (Sprint),” ujar Iptu Sigit, saat dihubungi via telepon, Selasa (29/9/2020).

Ditanya perihal kesehatan Walpri yang jadi faktor penggantian tersebut, Iptu Sigit menjelaskan hal itu bisa terjadi.

“Pergantian Walpri memang adalah hal yang wajar, apalagi kalau menyangkut kondisi kesehatan. Apalagi tensi naik, atau kesehatan pada Walpri tersebut tengah menurun, karena Walpri tersebut bertugas siang dan malam,” katanya.

Sejauh ini lanjut Sigit, pihaknya belum menerima Sprint pergantian, karena diketahui surat perintah (Sprint) yang menjadi pedoman Walpri bertugas belum turun.

“Untuk penugasan Walpri tersebut memang ranah dari Satuan Intelkam. Saat ini belum ada informasi ke saya, kemungkinan besok. Nanti akan saya konfirmasi ke Sat Intelkam, karena Walpri tersebut memang kewenangan dan tanggung jawab ada pada bidang tersebut. Mungkin nanti besok saya akan coba kabarkan,” tukasnya.

Seperti diketahui, Polres Cilegon telah menyiagakan 16 personelnya untuk menjadi pengawal pribadi (Walpri) dalam menjaga ketat keamanan pasangan calon (Paslon) pada Pilkada Kota Cilegon 2020. Baik calon Walikota maupun calon Wakil Walikota.

Belasan Walpri telah diseleksi secara ketat dan melalui pelatihan berat, kata Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono. Dia juga menjamin personel Walpri yang akan bertugas hingga selesai tahapan Pilkada ini, akan bersikap netral.

“Setiap Walpri memiliki kemampuan di atas rata-rata manusia normal pada umumnya. Selain bertugas menjaga keselamatan para calon, Walpri pun bertugas untuk melaporkan situasi Kamtibmas kepada calon yang dijaga,” ujar Kapolres. (*/Red)

Demokrat
Royal Juli